• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KH Abdul Somad: Kasus UAS Sebaiknya Diselesaikan dengan Musyawarah

21 August
14:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Penceramah kondang, Ustaz Abdul Somad kembali dilaporkan ke aparat kepolisian karena isi ceramahnya diduga telah menghina agama lain. Pemuka Agama Islam menyarankan agar masalah itu diselesaikan secara musyawarah.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) wilayah Jawa Timur, KH Abdul Somad Buchori mengusulkan agar penyelesaian masalah itu diselesaikan secara kekeluargaan saja.

"Sebab di negeri ini yang orang yang dianggap salah ngomong tentang agama tertentu juga banyak. Ada yang mengajukan protes atau menuntut juga banyak. Dan itu saya lihat tidak diproses. Jadi kalau ini bisa diselesaikan dengan pendekatan dialog, musyawarah, tabayyun itu lebih baik," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Rabu (21/8/2019).

Pasalnya, menurut dia, ceramah yang disampaikan Ustaz yang namanya sama dengan dia itu disampaikan dalam pengajian tertutup, ceramah itu juga terjadi pada beberapa tahun yang lalu.

"Ceramah itu sudah lama 3 tahun lah, dan ceramah itu adalah di hadapan Umat Islam. Jadi interen dalam kalangan Umat Islam, di dalam masjid. Kalau sekarang di angkat, itu apa. Itu sudah cukup lama, kok tidak dari dulu-dulu," jelasnya.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad kembali dilaporkan ke pihak Bareskrim Mabes Polri atas isi ceramahnya yang sempat viral di media sosial berbagi video, YouTube. Kali ini, pria yang akrab disapa UAS itu dilaporkan oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). (Foto: Ant)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00