• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kondisi Sekolah di Nias Memperihatinkan, Siswa Belajar di Lantai

21 August
10:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Dari 16 ruang belajar yang ada di SMP Negeri 1 Bawalato Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias, terdapat 6 ruangan belajar yang sama sekali tidak memiliki fasilitas belajar mengajar dan tidak layak digunakan.

"Kami sebenarnya sudah tidak nyaman pak belajar terus seperti ini. Selain pakaian kami cepat kotor juga terkadang kami sakit. Kami harap ada perhatian serius dari pemerintah," ujar Keysa Fau salah seorang siswi kelas 7 SMPN 1 Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Rabu (21/08/2019).

Sementara itu, Kepala sekolah SMP Negeri 1 Bawalato Ozuisokhi Telaumbanua mengaku sudah 5 tahun dilantik sebagai kepala sekolah belum pernah menerima bantuan dan dukungan mobiler dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam hal ini dinas pendidikan Kabupaten Nias.

“Sejak saya dilantik menjadi kepala sekolah lima tahun yang lalu belum pernah kami dapatkan dukungan mobiler meski kami telah mengajukan berbagai permohonan kepada pemerintah. Ya untuk sementara para siswa yang ada di enam ruang belajar terpaksa belajar di lantai,” ungkapnya.

"Untuk dana bos yang diterima hanya sebagian kecil saja yang dapat digunakan untuk pengadaan kursi dan meja karena dana bos sudah memiliki alokasi yang ditentukan oleh pemerintah dan tidak dapat disalahgunakan," tambahnya.

Dikesempatan yang sama, salah seorang pengurus Komite SMP Negeri 1 Bawalato, Eli Telaumbanua kepada Radio Republik Indonesia mengaku telah berulang kali mengadakan pertemuan dengan orang tua dan sepakat untuk menyumbang.

"Sumbangan yang kita terima juga kecil antara 25 ribu sampai 30 ribu rupiah tiap orang tua dan ini masih kurang, karena sebagian besar orang tua siswa di SMP Negeri 1 Bawalato hanya bekerja sebagai petani, sehingga sumbangan komite banyak yang belum terkumpul," tuturnya.

Pantauan RRI, akibat tidak ada meja dan kursi kegiatan belajar mengajar di sejumlah kelas terganggu, bahkan diruang belajar lainnya yang ada mobiler ada yang satu meja empat orang siswa menggunakan untuk belajar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00