• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Peristiwa Karhutla di Babel Meningkat

21 August
09:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pangkalpinang : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Babel terus meningkat.

"Kalo biasanya beberapa waktu lalu intensitas kebakaran hanya 3 kali sehari, namun beberapa hari terakhir ini karhutla bisa terjadi 7 kali sehari bahkan lebih," kata Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa kepada RRI, Rabu (21/8/2019).

Mikron mengatakan, kejadian karhutla di Babel kebanyakan disebabkan oleh ulah manusia, seperti membuang puntung rokok sembarangan, membuka lahan dengan membakar, sehingga api tak dapat dikendalikan dan menyebabkan kebakaran.

"Hampir 90% kejadian karhutla di daerah kita ini disebabkan ulah manusia, maka dari itu kami mengajak seluruh masyarakat dapat lebih bijak menyikapi hal ini, karena persoalan ini bisa sangat serius jika tidak ditanggulangi secara bersama-sama," terangnya.

Mikron menambahkan, untuk peristiwa kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah Provinsi Babel cukup merata, namun untuk saat ini Kabupaten Bangka Tengah menjadi daerah yang sering terjadi Karhutla.

Mengantisipasi hal itu, saat ini Pemprov Babel telah membentuk Satgas Kekeringan  terdiri dari BPBD, Dinsos, Setda Babel, PMI dan Kwarda Pramuka Babel, dengan menyiagakan sebanyak tujuh unit kendaraan yang terdiri dari 6 unit mobil tangki air, dan 1 unit mobil pemadam kebakaran.

"Kami juga menyiagakan tenaga lapangan terdiri dari BPBD, Dinsos (Tagana), PMI dan Kwarda Pramuka Babel," jelasnya.

Para petugas siaga Satgas Kekeringan Pemprov Babel tersebut, disiagakan 24 jam di Pos Satgas yang berada di Kantor BPBD Babel. Dimana Para petugas lapangan ini harus siap turun ke lapangan untuk mengantisipasi peristiwa kebakaran agar tidak meluas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00