• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Dalam Sebulan Karhutla di Samarinda Hanguskan 16,5 Hektar Lahan

21 August
09:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kota Samarinda sejak pertengahan Juli hingga pekan kedua Agustus ini telah menghanguskan sedikitnya 16,5 hektare (Ha) lahan warga. Karhutla tersebut melanda sejumlah kecamatan seperti  Samarinda Utara, Samarinda Ulu, Sungai Kunjang, Palaran dan Sungai Pinang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kota Samarinda Sulaiman Sade kepada RRI mengatakan dalam sebulan terakhir telah terjadi 27 kali Karhutla.

Kebakaran terparah terjadi di wilayah Samarinda Utara yakni lebih 12 kali kejadian dan menghanguskan sekitar 5,6 hektare lahan. Pihaknya mensinyalir ada oknum warga yang sengaja membakar belukar kering untuk kegiatan membuka lahan.

“Itu sengaja dibakar orang untuk keperluan membuka lahan, yang mau berladang. Kebanyakan seperti itu. Tetapi masih bersyukur Kita, Samarinda ini tidak terlalu parah seperti daerah lain”, ungkapnya, Rabu (21/8/2019).

BPBD menurut Sulaiman Sade cukup kesulitan memadamkan api akibat titik api jauh dari sumber air. Tidak sedikit petugas pemadam yang memadamkan api seara manual yakni memukul-mukul titik api menggunakan ranting dan dahan kering.

Meski Samarinda menurutnya patut bersyukur karena kondisi Karhutla yang terjadi tidak separah daerah lain tetapi BPBD memastikan kewaspadaan tetap harus ditingkatkan sehingga dampak karhutla tidak sampai meluas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00