• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Murid SD di Pangkep Dapat Ilmu Literasi Lebih Dini

20 August
21:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pangkep : Balai Bahasa Sulawesi Selatan (Sulsel), memberikan ilmu literasi kepada anak didik tingkat sekolah dasar, di Kabupaten Pangkep. 

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Zainab, mengatakan pihaknya memberikan motivasi dan menanamkan dari sejak dini agar para siswa mencintai buku dan gemar membaca.

”Kalau kita mau pintar, kita harus rajin membaca mulai sekarang,” ungkapnya dalam kegiatan Pembinaan Kominitas Literasi di aula kantor Dinas Pendidikan Pangkep, Selasa (20/8/2019).

Selain memberikan motivasi, Balai Bahasa juga memberikan anak anak cara menulis dan bercerita. 

“Pada kegiatan ini kita juga melatih anak anak agar bisa tampil berani di depan publik, yang penting berani dulu, bisa atau tidak bisa, itu dibelakang,” lanjutnya.

Zainab menambahkan, kegiatan Pembinaan Komunitas Literasi ini juga melibatkan beberapa pegiat literasi dan penulis di Pangkep, yang nantinya terus akan mengembangkan untuk bisa membudayakan literasi di Pangkep.

”Kita  mengajak pegiat serta komunitas literasi khususnya di Pangkep, untuk membudayakan membaca sejak dini,” kata Zainab.

Ia menambahkan, salah satu hal yang bisa mendorong anak anak rajin membaca dan menyukai buku yaitu, memberikan mereka kebebasan memilih buku.

”Jadi, kita harus memberikan kebebasan terhadap anak, seperti apa buku yang mereka inginkan, yang ia sukai. Misalnya memilih buku gambar atau bahan bacaan dongeng atau cerpen yang mereka suka dan inginkan,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00