• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Gunung Mamake akan Dijadikan Wisata Paralayang di Kalsel

20 August
19:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banjarmasin : Obyek wisata Gunung Mamake di kabupaten Kotabaru akan menjadi wisata paralayang pertama di Kalimantan Selatan, karena akan memiliki destinasi wisata paralayang pertama yang berlokasi di kabupaten Kotabaru. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Hanif Faisol Nurofik dalam kunjungannya ke objek wisata gunung Mamake di perbatasan desa Sarang Tiung dan desa Tirawan kecamatan Pulau Laut Utara kabupaten Kotabaru. 

Hanif mengatakan, Gunung Mamake tidak kalah dengan wisata lain yang ada di Kalsel selain pemandangannya yang indah lokasinya juga di tengah kota sehingga mudah menjualnya.

“Gunung Mamake juga dinilai sangat cocok untuk olahraga paralayang, tak hanya sebagai kegiatan olahraga yang disukai penggemar tantangan kini Paralayang juga menjadi sarana permainan untuk menikmati keindahan alam, karena itu pihaknya akan fokus mendukung pemerintah kabupaten Kotabaru untuk merealisasikannya pada tahun depan,” kata Hanif di Kotabaru, Selasa (20/8/2019).

Sementara itu, Bupati Kotabaru Sayed Jafar Al Idrus mengatakan pihaknya tak mau kalah dengan daerah-daerah lain di Kalsel yang sedang gencar memasarkan keindahan alamnya masing-masing, terlebih geografis kabupaten Kotabaru memiliki keunggulan karena lengkap mulai dari pantai hingga pegunungan.

“Gunung Mamake berada di kawasan hutan lindung namun sudah diberikan hak pengelolaan dalam bentuk hutan kemasyarakatan kepada masyarakat sekitar,” kata Bupati.

Pemanfaatannya secara terbatas sebagai kawasan wisata diharapkan mampu membuktikan bahwa melestarikan hutan lebih bernilai ekonomi daripada menebangnya, saat ini pemerintah kabupaten Kotabaru sudah membuat akses jalan ke gunung Mamake dan pada 2020 akan dilakukan pembangunan komprehensif dengan didukung pemerintah provinsi. (Naizat) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00