• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Ini 3 Bidang yang Harus Diisi Menteri Profesional Tak Terafiliasi Parpol

20 August
19:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Jabatan menteri di tiga bidang, yakni bidang pertahanan dan keamanan, ekonomi, serta hukum diharapkan diisi oleh kalangan yang profesional.

Pengamat politik sekaligus Analisis Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio bahkan mengharapkan, pada tiga bidang itu, Presiden RI Terpilih, Joko Widodo tidak menaruh kalangan profesional yag terafiliasi partai politik (Parpol) tertentu.

"Kalau secara teori, sebaiknya ada tiga bidang yang jangan terafiliasi partai politik. Yang pertama adalah pertahanan dan keamanan, yang kedua hukum, yang ketiga ekonomi. Ini sebaiknya tidak terafiliasi partai politik," harapnya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Selasa (20/8/2019).

Harapannya itu, sedikit berbeda dengan komposisi kabinet Jokowi saat ini. Yang mana menurut dia, meski di tiga bidang itu diisi oleh kalangan profesional. Tapi masih saja ada beberapa menteri profesional yang sebenarnya terafiliasi partai politik.

"Nanti kita lihat saja. Kalau sekarang kan Pak Jokowi udah benar tuh. Menteri ekonominya kan sekarang rata-rata gak terafiliasi partai politik kan. Rata-rata ya. Kayak Menteri Keuangan, Menko Perekonomian kan ga. Kalau Menteri Perdagangan iya terafiliasi partai politik," pungkasnya. (Foto: Ist)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00