• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

10 Hektar Hutan Jati di Situbondo Hangus Terbakar

20 August
12:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: Hutan jati di kawasan hutan petak 40 Dusun Kembangasem, Desa Klatakan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo, terbakar pada Senin (19/8/2019) malam. Masih belum diketahui penyebab terbakarnya hutan jati seluas 5 hektar tersebut. 

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, kepada RRI mengatakan, diduga kuat, penyebab kebakaran dipicu dari hawa panas, atau kecerobohan orang yang membuang puntung rokok sembarangan di kawasan hutan yang terletak di pinggir jalan tersebut.

"Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran hutan," tegas Puriyono.

Puriyono mengungkapkan, membutuhkan waktu 2 jam untuk memadamkan api yang menghanguskan lantai hutan jati sekitar 5 hektar itu. Pemadaman api dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari BPBD, Polsek, Koramil, Damkar, dan Perhutani.

"Api cepat membesar karena angin kencang. Kami bahu membahu berupaya memadamkan api menggunakan peralatan yang sudah dipersiapkan," katanya.

Selain di hutan jati di Desa Klatakan, kebakaran hutan juga terjadi di blok Bitakol Taman Nasional Baluran, Kecamatan Banyuputih, pada Minggu, 18 Agustus 2019. Ada sekitar 5 hektar lantai hutan jati yang terbakar di kawasan tersebut.

"Personel gabungan yang terdiri dari BPBD, Polsek, Koramil, petugas TN Baluran dan Masyarakat Peduli Api bentukan TN Baluran dan satu unit Damkar dikerahkan. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian," terangnya.

Puriyono mengimbau kepada masyarakat, agar tidak membuang puntung rokok di kawasan hutan. Karena memasuki musim kemarau, daun jati berjatuhan dan mengering sehingga mudah terbakar, apalagi jika dipicu adanya api kecil yang berasal dari puntung rokok.

"Masyarakat jangan membuang puntung rokok di kawasan hutan. Apalagi memasuki kemarau dan dipicu angin kencang, api akan mudah menjalar," tandas Puriyono.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00