• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

PN Hunimoa SBT Deklarasi Zona Integritas

19 August
19:17 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bula : Pengadilan Negeri (PN) Dataran Hunimoa Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, Senin (19/08/2019) sekitar pukul 11.00 WIT, melakukan Pencanangan dan Deklarasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Pencanangan dan Deklarasi Zona Integritas di lingkungan lembaga peradilan Kelas II ini terasa sangat spesial karena bertepatan dengan Perayaan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke -74,  bersama Pengadilan Agama (PA) Dataran Hunimoa.

Kegiatan Pencanangan dan Deklarasi Zona Integritas dihadiri Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, Ketua DPRD Agil Rumakat, Wakapolres SBT Kompol La Udin Taher, Wakil Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa Lutfi Muslih, Wakil Kejaksaan Negeri SBT, Perwira Penghubung Kodim 1502 Masohi, Staf Kementerian Agama dan perwakilan advokat.

Prosesi pencanangan dimulai dengan pembacaan Naskah Deklarasi dan Ikrar Bersama yang dipimpin Ketua PN Hunimoa Purwanto S. Abdullah, dilanjutkan dengan penandantanganan fakta integritas oleh Ketua PN Hunimoa dan para saksi yakni Bupati Abdul Mukti Keliobas, Ketua DPRD Agil Rumakat, Wakapolres Kompol La Udin Taher, Pimpinan PA Hunimoa Lutfi Muslih, Wakil Kepala Kejaksaan Negeri, Staf Kementerian Agama dan unsur advokat.

Usai penandatanganan piagam integritas, Bupati Abdul Mukti Keliobas didampingi Ketua PN Hunimoa Purwanto S. Abdullah dan forkopimda, berkenaan meninjau satu demi satu ruangan dan fasilitas yang terdapat dalam kantor pengadilan negeri yang selalu menjadi langganan banjir bandang setiap datang hujan deras.

Bupati Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya, usai menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke- 74 kepada keluarga besar Mahkamah Agung Republik Indonesia  menyatakan menyambut baik Pencanangan dan Deklarasi Zona Integritas di lingkungan lembaga peradilan PN Hunimoa.

Sesuai dengan Tema Peringatan HUT Mahkamah Agung tahun ini, yakni  "Pengadilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani", bupati percaya aparat PN Hunimoa memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan pelayanan hukum yang bersih, praktis dan profesional.

"Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa sebagai lembaga peradilan dibawah Mahkamah Agung berkewajiban menciptakan lingkungan peradilan yang bersih dari korupsi, sekaligus menciptakan birokrasi yang bersih melayani. Olehnya pencanangan zona integritas dan penandatanganan piagam integritas di hadapan stakeholder penegak hukum dan masyarakat merupakan wujud dari komitmen PN Hunimoa menciptakan pelayanan hukum yang profesional kepada pencari keadilan," kata bupati.

Sebelumnya, Ketua PN  Hunimoa Purwanto S. Abdullah dalam sambutannya menegaskan, Pencanangan Zona Integritas  di lingkungan lembaga peradilan PN Hunimoa merupakan implementasi dari Peraturan Menpan RB No 52 Tahun 2014 Tentang Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.

"Ini sebagai wujud komitmen dan kesungguhan  PN Dataran Hunimoa menciptakan pelayanan hukum yang prima menuju wilayah bebas korupsi dan birokrasi bersih melayani. Ini juga sesuai dengan Tema HUT Mahkamah Agung tahun ini, yaitu  Peradilan  Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani," tegas Purwanto.

Inilah Naskah Deklarasi dan Ikrar Bersama PN Dataran Hunimoa Kelas II:

Ikrar Bersama Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa Kelas II, Dengan ini menyatakan

1. Kami berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa kami akan melaksanakan maklumat Ketua MA RI Nomor 01 /Malkumat/KMA/IX/2017 Tanggal 11 September 2017 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya

2. Kami berjanji akan selalu mengingat fakta integritas yang pernah kami ucapkan bahwa kami tidak akan melakukan perbuatan tercela yang merendahkan wibawa dan martabat PN Negeri Hunimoa Kelas II

3. Kami berjanji dengan sungguh2 bahwa sumpah atau janji yang pernah kami ucapkan pada saat akan memangku jabatan akan kami laksanakan dan akan kami pertanggungjawabkan.

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Afrizal Aziz

    Redaktur Pro 3 RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00