• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Periksa Sejumlah Saksi Kasus Dugaan Suap Izin Reklamasi Kepri

19 August
18:49 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dalam kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) suap perizinan reklamasi di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Pemeriksaan itu dilakukan KPK di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Barelang, Batam, Kepri.

Demikian menurut pejelasan yang disampaikan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Jakarta. Menurut Febri, salah satu yang diperiksa adalah Sekda Pemprov Kepulauan Riau (Kepri) HTS Arif Fadillah bersama 7 saksi yang lain.

Febri mengatakan “pemeriksaan terhadap saksi-saksi terkait kasus dugaan suap perizinan reklamasi yang menjerat Gubernur Kepri nonaktif NBU (Nurdin Basirun), saksi dicecar KPK terkait aliran dana kasus dugaan dugaan gratifikasi yang diterima tersangka NBU,” jelasnya di Jakarta, Senin (19/8/2019)

Febri menjelaskan, saksi lainnya yang ikut diperiksa dinataranya Ahmad Nizar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan Pemprov Kepri, Zulhendi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Kepri.

Berikutnya Yerri mantan Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2017-2018, Martin Luther Maromon, Kabiro Umum Pemprov Kepri, Abu Bakar Kepala Dinas PUPR dan Hendri Kuniadi Plt Kadis ESDM Pemprov Kepri.

Febri menambahkan, sedangkan saksi lainnya atas nama Guntur Sati mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Kepri menyampaikan Informasi ketidakhadiran karena ada tugas lain, nanti yang bersangkutan akan dijadwalkan ulang pemeriksaan. 

KPK sebelumnya telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus dugaan suap terkait perizinan proyek reklamasi diantaranya Nurdin Basirun, Edy Sofyan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemprov Kepri, Budi Hartono, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Pemprov Kepri dan Abu Bakar pihak swasta.

KPK menduga tersangka Nurdin Basirun telah menerima suap dari Abu Bakar terkait perizinan reklamasi. Abu Bakar diduga memberikan uang suap senilai total Rp 159 juta agar diberi izin prinsip untuk lokasi reklamasi di Kepri. KPK juga menyita uang sebesar Rp 6,1 miliar yang diduga terkait gratifikasi untuk tersangka Nurdin Basirun.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00