• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kecam Perusakan Merah Putih, Menko Polhukam : Negara Akan Jaga Stabilitas

19 August
16:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah menyesalkan insiden dugaan perusakan Bendera Merah Putih yang ditengarai dilakukan mahasiswa asal Papua di Surabaya. Menko Polhukam Wiranto menegaskan dalam pernyataan resminya hari ini, bahwa Pemerintah menjamin serta menempatkan stabilitas keamanan nasional sebagai prioritas.

"Pemerintah memberikan jaminan sepenuhnya untuk terpeliharanya stabilitas keamanan di seluruh wilayah Indonesia," ucap Wiranto dalam pernyataan resminya kepada wartawan di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Wiranto lantas memerintahkan Polisi dan TNI yang bertugas di lokasi agar terus melakukan pengamanan di seluruh wilayah Indonesia dengan mengedepankan tindakan persuasif dan terukur. Selain itu, dirinya meminta publik tak mudah terpancing isu-isu liar di media sosial.

"Kepada seluruh masyarakat, saya mengimbau tidak terpancing dan terpengaruh berita hoax dan berita bohong (dari) pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, (yang bertujuan) untuk merusak persatuan dan kedamaian Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat. Saya mengimbau masyarakat tidak terpancing, tidak terpengaruh," tegas Wiranto.

Gelombang kerusuhan massa di wilayah Papua dan Papua Barat diduga terpicu bentrokan mahasiswa asal Papua dengan aparat di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Kemudian ditambah adanya isu tindakan rasisme ikut mewarnai bentrokan itu. Adapun menurut Wiranto, aksi di Manokwari dan Sorong, Papua Barat berujung rusuh, sementara demonstrasi di Jayapura, Papua, berlangsung tertib.

Wiranto lantas mengapresiasi sikap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Papua, Lukas Enembe, serta Forum Komunikasi Daerah Papua Barat, yang menurutnya mampu menenangkan masyarakat.

Sebelumnya, dalam pernyataan resmi kepada wartawan, Pemerintah melalui Menko Polhukam Wiranto menyesalkan aksi pelecehan bendera Merah Putih di Jawa Timur dan aksi provokasi yang memicu kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

"Pemerintah menyesalkan insiden yang saat ini sedang berkembang tentang pelecehan bendera Merah Putih di Jatim yang disusul oleh pernyataan negatif oleh oknum-oknum yang memicu aksi di beberapa daerah terutama di Papua dan Papua Barat. Kejadian (pelecehan bendera Merah Putih) yang secara nyata mengganggu persatuan dan kesatuan sebagai bangsa," tegas Wiranto kepada wartawan di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Wiranto juga memastikan, Pemerintah telah memberikan insruksi kepada aparat penegak hukum untuk melakukan pengusutan terhadap tindakan pelecehan bendera Merah Putih.

"Diusut secara tuntas dan adil kepada siapapun yang melakukan pelanggaran hukum. Dan juga diusut pihak yang memanfaatkan insiden ini untuk kepentingan negatif," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00