• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Kebakaran Lahan di Bukit Pandanan Malaka, Bupati Turun Langsung

19 August
15:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Mataram :  Kebakaran lahan yang terjadi kemarin sore hingga malam (18/8) di Bukit Pandanaan dan Bukit Nipah Malaka Lombok Utara sampai saat sedang dicari tahu sebab utama kebakarannya. Apakah  ada faktor kesengajaan ataukah secara alami.

Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH yang turun langsung ke lapangan menandaskan bahwa sekitar jam 2 dini hari pemerintah daerah dipimpin Gubernur NTB, bersama Kapolda NTB, Kapolres Lombok Utara beserta personil BPBD, Dinas Kehutanan, Pol PP Damkar, unsur TNI serta masyarakat, berjibaku dalam pemadaman titik api yang merembet ke areal terdampak.

“Masih ada empat titik api baru ditemukan dan berupaya dipadamkan sebelum meluas rembetannya,” paparnya, Senin (19/8/2019).

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak membuang puntung rokok sembarangan ataupun membakar lahan atau sampah sembarangan, mengingat sekarang cuaca panas, prediksi kekeringan dan angin yang begitu kencang. 

“Guna mencegah rembetan api meluas yang dikhawatirkan api bisa saja meluas ke areal pemukiman warga sekitar agar segera diantisipasi,” tuturnya.

Dalam pada itu, Sekretaris Desa Malaka Marwan, S.Pd., menyatakan bahwa kebakaran baru bisa dipadamkan saat dini hari (19/8), khususnya titik api yang ada di Bukit Pandanan yang terdampak lahan kebakaran mencapai tiga hektar lebih.

Adapun upaya terus dilakukan untuk mengantisipasi sekiranya ada titik api lainnya. Melalui pemasangan spanduk oleh masyarakat dan imbauan bekerja sama dengan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Lombok Utara

Kepala Dusun Nipah, Zulkarnaen kepada RRI mengatakan,  lokasi kebakaran lahan berpindah – pindah. Artinya terdapat tiga titik yang mengalami kebakaran yang mulai terjadi pada Kamis sore sekitar pukul 19.30 Wita.

“ Titik api tersebut dapat dipadamkan oleh warga bersama damkar serta pihak terkait lainya,” urainya.

Zulkarnaen mengungkapkan, kebakaran lahan ini rawan terjadi sehingga pihaknya meminta masyarakat untuk bersama – sama menjaga lingkungan.

Tidak melakukan pembakaran lahan harus diperhatikan karena dampak yang ditimbulkan berimbas kepada masyarakat dan juga pariwisata lebih – lebih Nipah jalur menuju kawasan Tiga Gili.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00