• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Satu Jamaah Haji Maluku Kloter 12 Wafat di Mina

19 August
15:00 2019
1 Votes (1)

KBRN, Ambon : Satu Jemaah Haji Maluku atas nama Hasan Raharusun bin Balkut Rahrusun yang berasal dari Kelompok Terbang (Kloter) 12 UPG Makasar, asal Kabupaten Maluku Tenggara, berpulang ka Rahmatullah di Madina- Arab Saudi.

Koordinator Sektor Khusus (Korseksus) Makkah, yang juga merupakan  Kabid Penyelengara Umran dan Haji Kemenag Maluku, H.M. Yamin, Spd, M.Pdi, saat di konirmasi rri via tlpon seluler, Senin (19/8/2019) mengaku, almarhum meninggal di Madina dan informasi kematian baru diterima pada Minggu, 18 Agustus 2019 waktu Arab Saudi.

“Telah berpulang ke Rahmatullah, bapak Hasan Raharususn Bin Balkut Raharususn,  Kloter 12 UPG Makasar asal Kab. Maluku Tenggara. Meninggal di Madinah beberapa hari  lalu, dan baru diterima informasi pada 18 Agustus 2019. Kami atas nama segenap pihak Kemenag Maluku, mengucapkan turut berduka cita, atas meninggalnya almarhum semoga amal ibadah dan doa-doa beliau diterima dan menjdi haji mabrur,” ungkap H. Yamin. 

Selain itu H. Yamin menjelaskan, saat ini kondisi Jamaah Haji Maluku secera keseluruhan sehat walafiat, meskipun beberapa di antaranya masih didampingi petugas kesehatan. 

“Alhamdllah kondisi kesehatan Jamaah Haji Maluku sehat semuanya, memang ada beberapa yang masih sakit namun selalu di damping dokter dan petugas kesehatan lainnya, jadi insyaAllah baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini berbagai aktivitas ibadah sementara dilakukan jamaah haji di Makkah, seperti beribada di Majidil Haram, Melantunkan shalawat serta ibadah Umrah dan ibadah Sunnah lainnya, mengingat Jamaah Haji Maluku yang tergabung dalam tiga kloter yakni kloter 12,13 dan kloter 14, akan bertolak dari Tanah Suci ke Tanah Air dalam waktu dekat.

“Untuk Kloter 12, berdasarkan jadwal yang di tetapkan, penimbangan barang akan dilakukan pada 23 Agustus 2019 pukul 12.00 waktu arab Saudi, dan bertolak dari Bandara Arab Saudi pada 25 Agustus 2019 pukul 14.45 WAS, dan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makasar pada 25 Agustus 2019 pukul 20.00 WITA. Untuk kloter 13, akan bertolak dari Bandara King Abdul Aziz pada 26 Agustus setelah melakukan proses penimbangan barang pada 24 Agustus 2019, dan rencannya tiba di Makasar pada 26 Agustus pukul 13.20 WITA. Sementara Kloter 14 akan melakukan proses penimbangan barang pada 25 Agustus 2019 dan terbangn menuju Makasar pada 26 Agustus pukul 23.30 WAS dan tiba pad 27 Agustus 2019 pukul 07.30 WITA,” tutur H. Yamin.

H. Yamin mengaku, Jamaah Haji Maluku telah rindu Tanah Air dan berharap segera kembali untuk berkumpul bersama keluarga tercinta, sehingga doa masyarakat Maluku sangat diharapkan, agar para tamu Allah SWT itu, kembali dengan sehat dan mencapai haji mabrur.

“Jamaah Haji sudah sangat rindu dengan keluarga dan tanah air, ingin segara berkumpul bersama. Semoga mereka selalu sehat hingga kembali ke Maluku dan berkumpul bersama keluarga. Doa dari masyarakat Maluku sangat di harapkan,” terang Yamin. 

Untuk diketahui sebelumnya, satu Jamaah Haji Maluku wafat usai pelaksanaan melontar Jamarat di Mina. Jamaah haji tersebut berasal dari Kabupaten Pulau Buru, Maluku, atas nama Ahmad Dahlan Fattah Bin Dahlan Fattah (74) di RS RAS Mina-Alwadi, Mina. Yang artinya hingga saat ini dua orang Jamaah haji Maluku Wafat di Tanah Suci.

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00