• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Tiga Investor Asing Lirik Pariwisata Tanjung Lesung

19 August
13:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pandeglang : Tiga investor asing dari berbagai negara, dikabarkan tertarik untuk mengembangkan industri pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, di Kabupaten Pandeglang.

Presiden Direktur PT. Banten West Java (BWJ), selaku pengembang KEK Tanjung Lesung, Poernomo Siswoprasetijo mengaku, pada semester dua tahun 2019 ini, sudah ada 3 investor asing yang akan berinvestasi di Tanjung Lesung. Ketiga investor asing itu berasal dari Cina, Jepang, dan Australia. 

"Meraka melihat Tanjung Lesung memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan bersama-sama," katanya, Senin (19/8/2019).

Dirinya menuturkan, saat ini banyak wisatawan asal Cina yang mencari kawasan wisata yang memiliki ketenangan. Soalnya di Lombok dan Bali, kini dianggap sudah terlalu ramai.

"Apalagi dengan adanya special economic soon, memperbolehkan investor luar negeri memiliki atau membeli lahan properti dengan namanya sendiri dan bisa mendapat izin tinggal sampai 5 tahun serta adanya peluang insentif. Hal itu dapat menarik minat investor," beber Poernomo.

Kendati demikian, saat ini PT. BWJ tengah fokus membangun kembali infrastruktur yang rusak akibat bencana tsunami Selat Sunda pada akhir tahun lalu. Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan beberapa event agar menyedot perhatian wisatawan dan investor.

"Seperti Festival Tanjung Lesung yang dibalut dengan kejuaraan Rhino Cross Triathlon 2019. Event ini tentunya akan mengundang banyak wisatawan. Dengan begitu, para investor akan melihat dan tertarik untuk mengembangkan sarana akomodasinya seperti termpark dan infrastrukturnya," jelas dia.

Poernomor berharap, Kementerian Perhubungan dan PUPR bisa secara konsisten menyelesaikan proyek jalan Tol Serang-Panimbang. Sehingga bisa saat bersamaan di 2020, jalan tol sudah beroperasi, dan investor bisa masuk secara berbarengan.

"Kalau progres jalan tol nya baik dan sesuai para investor akan bisa menghitung kapan mereka aka berinvestasi," tandasnya.

  • Tentang Penulis

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

  • Tentang Editor

    Azis Zulkarnaen

    Editor RRI Bandung

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00