• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Student Vaganza UNS Raih Rekor Indonesia LEPRID

18 August
20:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Sejumlah 8.000 Mahasiswa UNS Solo mengikuti Student Vaganza yang  merupakan puncak Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019. Kegiatan yang berlangsung Minggu (18/8/2019) di Stadion UNS itu memecahkan Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LEPRID).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Sosialisasi Aksi Kebangsaan Mahasiswa UNS dengan mengangkat tema “Tangkal Radikalisme, Tegakkan Pancasila” dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74.

Dalam acara Student Vaganza diwarnai Konfigurasi Mahasiswa UNS yang mengenakan kaos putih dengan ornamen merah. Mereka juga mengenakan jaket biru laut di  Stadion UNS.

Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho  mengatakan, kedepan akan menyongsong tantangan baru. Bonus demografi pada penduduk usia produktif adalah kapital SDM yang harus dikelola dengan baik. 

"Mari kita segera tinggalkan pemikiran-pemikiran sempit-radikal, pemikiran yang selalu merasa dirinya paling benar sendiri, yang bertentangan dengan Pancasila," ungkap Prof Jamal dalam keterangan pers.

Terkait rekrutmen mahasiswa baru,Prof Jamal menjelaskan, UNS nomor dua terbanyak se Indonesia. Sebagai generasi muda harapan bangsa yang memiliki kemampuan intelektual, akan ditambah dengan kemampuan emosional sosial, religi serta kemampuan idiologi Pancasila. "Sehingga mereka mempunyai kapital yang komplit," tandasnya.

Bangsa-bangsa lain sudah mulai sibuk dengan karya-karya baru dan besar yang ber-evolusi sangat cepat. Mereka sudah selesai dengan urusan receh berpecah belah karena beda pandangan politik atau beda keyakinan. 

"Mereka sudah sangat memahami apa yang harus dilakukan untuk bisa hidup di era industri 4.0. Mereka berubah menjadi produsen yang produktif dengan pertaniannya, dengan teknologinya dan dengan seninya."

Sementara itu kegiatan bekerja sama dengan Gerak Cinta Merah Putih(GCMP) juga digelar aksi peluncuran lagu "Pancasila Jiwa Kita" karya Team GCMP. Selain itu aksi gerakan moral kebangsaan dengan bahasa isyarat oleh mahasiswa terbanyak dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74. 

Diakhir acara yang sangat semarak itu ada sesi ngevlog dan selfi Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho dengan mahasiswa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00