• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Colomadu Saksi Penerima 74 Icon Pancasila

18 August
19:30 2019
2 Votes (3)

KBRN, Surakarta : Dipilihnya Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah sebagai tempat pemberian penghargaan 74 icon apresiasi Pancasila Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) karena banyaknya nilai historis yang ada di Kota Solo. Meski pun dibeberapa daerah lain juga memiliki nilai sejarah yang sama dari sisi perjuangan Kemerdekaan.

"Presiden awalanya diharapkan bisa hadir. Karena kebetulan ini merupakan kota asalnya. Soal dipilihnya Colomadu tentu karena ada nilai historis," terang Aris Heru Utomo, Direktur Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP, di Museum Colomadu, Minggu (18/8/2019). 

"Tidak hanya di Colomadu, banyak juga beberapa daerah memiliki fasilitas dan nilai sejarah seperti di Jakarta," imbuhnya. 

Pemberian penghargaan serupa sebenarnya pernah dilakukan pada tahun 2017. Dan kali ini akan kembali memberikan apresiasi untuk 74 individu prestasi. Mereka dinilai layak sebagai Icon Pancasila tahun 2019. Setelah melalui proses penyaringan yang cukup ketat.

Untuk diketahui rencananya, pemberian penghargaan bakal dilangsungkan di malam “Konser Kebangsaan” yang di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (19/8). Kegiatan tersebut akan disiarkan secara live ke seluruh Indonesia melalui TVRI pukul 19.00 WIB.

Deputi Evaluasi dan Pengendalian BPIP Rima Agristina, menjelaskan selain itu bakal disuguhkan pula seminar di 12 fakultas di Universitas Negeri 11 Maret (UNS). Tema besar dari kegiatan seminar itu yakni ”Pancasila sebagai platform pembangunan manusia dan Kebudayaan”.

Sedangkan sub temanya, disesuaikan dengan karakteristik masing-masing fakultas. ”BPIP pun berencana mengadakan seminar di berbagai wilayah di Solo dan sekitarnya yang diselenggarakan bersama antara BPIP dan pemerintah daerah Jawa Tengah,” jelas Rima. (Agus Yoga/SL)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00