• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Lomba 17 Agustus Adalah Sebuah Ekpresi dari Perjuangan Nenek Moyang Merebut Kemerdekaan

18 August
19:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : 17 Agustus merupakan hari Kemerdekaan republik Indonesia dan slalu diwarnai dengan beragam lomba-lomba yang diadakan antar RT ke RT.

Lomba-lomba kemerdekaan mempunyai tujuan yang khususnya untuk anak-anak untuk melatih semangat juang, melatih semangat berkompetisi, melatih kepercayaan diri, dan kerjasama tim.

Hal tersebut diungkapkan, Sosiolog dari Universitas Negeri Semarang, Fulya Adji Gustaman dalam dialog bersama Pro3 RRI, Minggu (18/8/2019).

"Jadi ada solidaritas tim yang dibangun, dan banyak sekali nilai yang bisa diambil dari perlombaan yang diikuti," tukasnya.

Fulya menilai lomba-lomba kemerdekaan itu ada spirit perjuangan, gotong royong, kemudian ada spirit rela berkorban.

"Seperti panjat pinang ketika disana ada jatuh,luka-luka, itu artinya menunjukkan bahwa itu adalah refleksi dari perjuangan nenek moyang kita dahulu merebut kemerdekaan," jelasnya.

Kuga ada nilai-nilai kepahlawanan, nasionalisme yang dibangun, kemudian ada nilai-nilai multikultural, karena disitu membaur, tidak pandang siapa, dia darimana.

"Jadi rangkaian kegiatan yang ada dalam 17 Agustus merupakan sebuah ekspresi terhadap makna dari perjuangan nenek moyang," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00