• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Empat Penumpang Korban KM Izhar di Konawe Belum Ditemukan

18 August
16:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendari: Sebanyak empat penumpang KM Izhar yang terbakar di perairan Pulau Bokori Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, hingga Minggu (18/8/2019) siang belum ditemukan.

Kepala Basarnas Kendari Junaedi mengungkapkan, saat ini pihaknya masih melakukan pencarian terhadap empat orang tersebut, dengan areal atau radius yang diperluas.

“Jika hari pertama pencarian hanya sekitar 4 mil dari titik lokasi kapal kebakaran, maka hari kedua pasca musibah diperluas menjadi 6 mil sebelah utara selatan timur, sebelah selatan dan barat dari lokasi kejadian,” ujar Djunaedi, Minggu (18/8/2019).

Djunaedi menjelaskan, jika sampai hari kedua korban tenggelam belum juga ditemukan, maka wilayah pencarian kembali diperluas menjadi radius 10 mil dari lokasi kejadian.

“Terkait dengan jumlah penumpang dan korban KM Izhar yang terbakar itu, basarnas kendari masih berpatokan dengan jumlah korban yang dievakuasi yakni tujuh ditemukan dalam keadaan meninggal, 61 selamat dan empat dilaporkan hilang sehingga total penumpang keseluruhan 72 orang,” Imbuhnya

Sementara itu, kepolisian terus mengusut terbakarnya KM Izhar di perairan Pulau Bokori Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, yang menyebabkan tujuh penumpang meninggal dunia.

Kabid  Humas Polda Sulawesi Tenggara AKBP Harry Goldenthard mengungkapkan, nahkoda KM Izhar Sarluddin Abdul Razak bersama Anak Buah Kapal (ABK), sudah diamankan polisi untuk kepentingan pemeriksaan.

Harry menjelaskan, penyidik terus intensif memintai keterangan awak kapal nahas tersebut, sebagai wujud tanggung jawab hukum atas musibah yang merenggut nyawa penumpang.

Selain memintai keterangan awak km izhar yang bertonase GT 89 itu, penyidik juga akan memintai kesaksian penumpang selamat, penyelenggara pelayaran kepelabuhanan khususnya administrator pelabuhan.

Sebelumnya, KM Izhar yang mengangkut 72 penumpang dan delapan nahkoda serta abk, terbakar di perairan Pulau Bokori, Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, sekitar pukul 23.30 wita Jumat malam. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00