• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Bang Roma Jadi Wakil Rakyat Kubar

18 August
14:12 2019
2 Votes (5)

KBRN, Sendawar: H. Suarna, merupakan salah satu Anggota DPR-D Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Periode 2019-2024, yang terpilih dalam Agenda Pemilu Serentak 2019, setelah mampu bersaing dengan para lawannya di Daerah Pemilihan (Dapil) II, melalui Partai Nasdem.

Siapa sangka, Pria yang biasa disapa “Bang Roma” ini, datang dari keluarga yang serba kekurangan. Dimana sejak lulus Sekolah Menegah Atas (SMA), Ia dibawa oleh keluarganya dari Kampung halaman di Pulau Jawa untuk merantau ke-Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim), menjadi seorang Pemulung, sekitar tahun 1988.

“Saya ini mungkin dari kalangan paling bawah, dilahirkan dari, ya mohon maaf ini, artinya bukan buka Aib saya tapi yang sebenarnya, bahwa kami ini dari kalangan Pemulung awalnya, jadi setelah lulus SMA, saya diajak keluarga saya ke-Kalimantan untuk memulung,”katanya kepada RRI Sendawar, Minggu (18/8/2019).

Dari sana, lanjut Bang Roma, ia memutuskan untuk merantau sendiri, ke Kabupaten Kutai Barat (Kubar) pada tahun 1993, hingga menjadi Pengumpul bahan-bahan rongsokan atau pengusaha Besi Tua.

Tidak berhenti disitu, Peria yang memang memiliki basic sebagai seniman atau musisi Dangdut itu, kemudian mengembangkan bakatnya, dengan membeli peralatan musik hingga membentuk grup dangdut dan akhirnya dikenal oleh banyak orang.

Dengan mata yang berkaca-kaca, penuh syukur dan haru, Ia mengaku tidak menyangka bisa menjadi wakil rakyat di DPRD Kubar, jika mengingat jerih usaha yang dilakukan untuk mengangkat harkat dan martabat kelaurganya.

“Artinya kami mau mandirilah, dan akhirnya saya berkiprah di Kubar, walaupun bukan disebut pemulung lagi, tapi pengusaha besi tua. Nah dari situ, kebetulan saya punya latar belakang seorang seniman. Ya mungkin semuanya itu berkaitan, artinya mengangkat derajat saya, ya dari awal itu. Pertma saya seorang seniman, kemudian pengusaha, sehingga meringankan perjuangan saya untuk ke-DPRD ini. Artinya tidak menduga gitu lho, seperti air mengalir saja,”lanjutnya.

Namun demikian, H. Suarna mengaku, untuk melangkah Ke-DPRD Kubar, tidaklah semudah yang difikirkan, butuh perjuangan, terutama dalam mensosialisasikan diri kepada Masyarakat mengingat nama Bang Roma yang sudah melekat pada sosoknya.

“Jadi nama asli saya Haji Suarna itu banyak yang tidak tahu, orang tahunya Bang Roma. Karena setiap saya tampil dipanggung pasti bawa lagunya bang Haji, dan waktu itu saya masih gondrong, ya hampir mirip bang Roma, makanya dipanggil Bang Roma. Di Jawa juga gitu, saya dipanggil Bang Roma. Makanya kemarin waktu mau Nyaleg, kita gencar sosialisasi nama asali saya itu,”ungkapnya.

Disinggung mengenai karirnya yang saat ini sudah menjadi Wakil Rakyat di DPRD Kubar, Politisi Partai Nasdem itu, menegaskan, akan berkerja semaksimal mungkin, terutama dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Dan salah satu, cita-cita terbesarnya, yakni memperjuangkan hak anak-anak Yatim, untuk mendapatkan Pendidikan, Kesehatan maupun tempat yang layak. Mengingat sebelum duduk di DPRD Kubar, dan sampai sekarang, ia juga masih merawat beberapa anak-anak yatim di Wilayah tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00