• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Piala AFF U-18: Indonesia U-18 Kandas di Semifinal

17 August
19:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Timnas Indonesia U-18 gagal menembus babak final Piala AFF U-18 2019. Hasil itu setelah skuat Garuda Nusantara dikalahkan Malaysia di babak semifinal. 

Dalam pertandingan yang berlangsung di Go Dau Stadium, Thu Dau Mot, Vietnam, Sabtu (17/8/2019), David Maulana dan kawan-kawan menelan kekalahan atas Harimau Malaya -julukan Timnas Malaysia- dengan skor tipis 3-4.

Sejak babak portama bergulir kedua kesebelasan bermain sengit. Jual beli serangan terus ditampilkan oleh keduanya demi menciptakan keunggulan. 

Namun, beberapa peluang yang didapat Indonesia maupun Malaysia di awal paruh pertama itu belum bisa membuahkan hasil. 

Malaysia sendiri baru bisa mengungguli Indonesia pada menit ke-19 lewat Aiman Afif. Berawal dari tendangan bebas Ajmal Mahadi di luar kotak penalti, membentur salah satu pemain Indonesia. 

Aiman yang mengejar bola muntahan itu berhasil memanfaatkan dengan baik. Tanpa pengawalan, Aiman melesakan si kulit bundar ke dalam gawang Indonesia dan merubah skor menjadi 1-0. 

Tertinggal satu gol tak membuat Indonesia mengendurkan serangannya. Beberapa kali, Indonesia justru kerap mengancam gawang Malaysia yang di kawal Nazrel Sikh Azman. 

Alhasi, Indonesia bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-45 lewat sontekan Beckham Putra usai menerima umpan Fajar Fathur Rachman. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum. 

Sembilan menit usai jeda, Indonesia kembali tertinggal dari Malaysia lewat sepakan keras Luqman Hakim ke arah pojok gawang yang tak mampu di halau penjaga gawang Indonesia Ernando Ari. 

Setelah sering kali mengancam gawang Malaysia, Indonesia akhirnya kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Gol kedua Indonesia ini diciptakan Fajar usai menerima umpan matang David Maulana. 

Satu menit berselang, Indonesia gantian mengungguli Malaysia. Setelah, pergerakan individu Salman Alfarid yang diakhiri sepakan keras mampu merobek jala gawang Malaysia untuk yang ketiga kalinya. Skor 3-2 untuk kemenangan Indonesia. 

Namun, keunggulan Indonesia tak berlangsung lama, sebab tiga menit kemudian, Malaysia mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3 lewat sepakan penalti Haiqal Adam. 

Disisa laga pertandingan semakin menarik. Namun, Indonesia lebih mendominasi dalam melancarkan serangan ke daerah pertahanan Malaysia. 

Bahkan, peluang-pun kerap di dapat anak asuh Fakhri Husaini itu. Namun, hingga laga berkahir skor imbang 3-3 tetap bertahan dan terpaksa laga dilanjutkan dengan babak tambahan. 

Delapan menit babak perpanjangan waktu, Malaysia kembali unggul atas Indonesia 4-3. Berawal dari tendangan bebas Ajmal Mahadi ke tiang jauh berhasil disambar Haiqal Adam menggunakan kepalanya dan mampu mebobol gawang Indonesia. 

Menit ke-111 Indonesia nyaris menyamakan kedudukan menjadi 4-4, kalau saja tendangan Brylian Aldama dari sudut sempit tak dihalau penjaga gawang Malaysia, Nazrel. 

Disisa waktu Indonesia terus menggempur pertahanan Malaysia. Peluang demi peluang pun kerap didapat Indonesia untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun, hingga laga berakhir skor 3-4 untuk kemenangan Malaysia tetap bertahan. 

Dengan hasil ini, Indonesia gagal mempersembahkan kemenangan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-74. Selain itu, kekalahan ini juga membuat Indonesia gagal menembus babak final Piala AFF U-18 2019. 

Indonesia hanya memiliki peluang untuk merebut peringkat ketiga. Saat berhadapan dengan tim yang kalah di laga semifinal lainnnya yakni, antara Myanmar kontra Australia. Pertandingan itu digelar usai laga Indonesia kontra Malaysia ini. 

Susunan pemain:

Indonesia U-18: Ernando Ari; Bagas Kaffa, David Bayu M. Fiqri, M Salman Alfarid, Aleandra Dewangga; David Maulana, Brylian Aldama; M Fajar Fathur Rachman, Beckham Putra Nugraha, Bagus Kahfi, M Supriadi.

Malaysia U-18: Nazrel Sikh Azman; Firdaus Ramli, Aidil Azuan, Azian Syah Mohd Yusof; Haiqal Adam Afkar, Azam Azmi Murad, Mukhairi Ajmal Mahadi, Fakrul Iman Naszari, Aiman Afif Afizul; Luqman Hakim Shamsudin, Nasip Mohammad Zain.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00