• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda Riau Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp14,6 Milyar

17 August
18:57 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru: Direktorat Kepolisian Perairan Polda Riau menggagalkan penyelundupan 95.340 ekor benih lobster di Tembilahan, Sabtu (17/8/2019). Rencananya benih lobster akan diselundupkan ke Singapura.

Direktur Pol Air Polda Riau Kombes Badaruddin mengatakan penangkapan berawal adanya informasi dari seseorang adanya kendaraan yang mengangkut benih lobster dari Jambi ke Tembilahan. Kemudian tim melakukan pengejaran dan tembakan peringatan. 

Namun ketika dilakukan pengejaran, pelaku berhasil melarikan diri hingga ke perkebunan sawit di Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

"Kami mengintai selama tiga hari. Berdasarkan informasi dari Jambi berkaitan penyelundulan ini mencoba menghadang mereka. Disaat menunggu speed kita cegat hingga kejar-kejaran dan lepaskan tembakan peringatan. Namun pelaku berhasil melarikan diri ke kebun sawit," ujar Badaruddin dalam keterangan persnya di Pekanbaru, Sabtu (17/8/2019).

Ketika proses penangkapan, sang supir berhasil kabur dan petugas menemukan 14 boks berisikan ribuan benih lobster.

"Berhasil kami amankan 14 boks baby lobster terdiri dari jenis pasir dan mutiara. Masing-masing boks terdapat 30 kantong. Setiap kantong berisikan 248 ekor benih lobster jenis pasir dan 101 ekor jenis mutiara. Total 95.340 ekor benih lobster," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Pekanbaru Eko Sulistianto menganalisa benih lobster ini berasal dari perairan pantai selatan seperti di Jawa Barat, Lampung dan Bengkulu.

"Kami analisa dari tangkapan sebelumnya. Benih lobster dari Jambi ini berasal dari Lampung dan Bengkulu. Ada juga yang berasal dari Jawa Barat yang perairan berkarang," pungkas Kepala BKIPM Pekanbaru, Eko Sulistianto.

Nantinya benih lobster yang diamankan ini akan dilepasliarkan ke wilayah ekosistem di Pulau Pieh, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

"Pelepasliaran akan dilaksanakan di Pulau Pieh. Kemungkinan besok pagi akan kita lakukan pelepasliaran," terangnya.

Penyundupan 95.340 ekor benih lobster ini negara mengalami kerugian sebesar Rp14,6 Milyar.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00