• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Dalam Kereta

17 August
16:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Para penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta tepatnya sekitar pukuk 09.00 WIB tampak kompak menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sabtu (17/8/2019). 

Aksi ini merupakan Inisiasi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam partisipasi memperingati HUT RI ke -74. 

Awalnya Kondektur mengambil komando dengan pengeras suara dan mengajak para penumpang yang ada untuk berdiri dan bersiap untuk memulai menyanyi.

Setelah itu, mereka dipimpin Kondektur dan petugas lainnya terlihat mulai menyanyikan Indonesia Raya dengan penuh semangat dan rasa bangga. 

Tak sampai disitu, usai menyanyikan Indonesia Raya,  KAI turut memutar rekaman  pembacaan teks Proklamasi oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno. Setelah selesai, Kondektur kembali mempersilahkan Penumpang untuk duduk kembali. 

"Kegiatan ini merupakan langkah KAI untuk memperingati HUT ke-74 RI dalam perjalanan Kereta Api," ujar Vice President Public Relations KAI, Edy Kuswoyo.

Edy menyebutkan melalui prosesi ini, pihaknya ingin mengajak para penumpang yang berada dalam perjalanan untuk melakukan upacara sederhana dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mendengarkan pembacaan teks proklamasi.

Untuk menambah semarak kemerdekaan, pada momentum ini KAI turut membagikan bendera merah putih, minuman gratis, cinderamata kepada para penumpang, serta memutarkan lagu-lagu perjuangan selama perjalanan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menularkan semangat perjuangan para pahlawan kepada para penumpang. Dengan bangsa yang kuat dan tidak lupa akan sejarah akan membuat Indonesia semakin maju. Hal tersebut sesuai dengan tema HUT RI kali ini yaitu SDM Unggul Indonesia Maju," tutup Edy.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00