• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda Maluku Gelar Upacara HUT Kemerdekaan di Laut dan Gunung

17 August
16:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ambon : Polda Maluku menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI, ke-74, didua lokasi yang berbeda, yakni puncak gunung Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, dan perairan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs Royke Lumowa mengatakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, ke-74 di perairan Teluk Ambon, tepatnya antara desa Galala, dan desa Rumatiga, sebagai wujud kecintaan terhadap NKRI khususnya Maluku, yang dikenal sebagai provinsi kepulauan.

"Kita laksanakan ini (upacara HUT kemenrdekaan), pada dasarnya karena kita melihat Provinsi Maluku, sebagaian besar wilayahnya terdiri dari laut atau sekitar 92.4 persen laut wilayahnya adalah perairan," jelas jenderal Royke kepada wartawan usai memimpin upacara HUT kemerdekaan di perairan Teluk Ambon, Sabtu (17/8/2019).

Menurut mantan Kakorlantas Polri itu, dengan melihat kondisi wilayah tersebut membuat pihaknya melaksanakan upacara tersebut.

"Kita sebagai polisi masyarakat, harusnya melihat laut sebagai sumber utama kehidupan kita, dan salah satu implentasinya kita laksanakan upacara di perairan Teluk Ambon," kata dia.

Jenderal dua bintang itu mengaku, salah satu kesulitan yang dialami saat pelaksanaan upacara diperairan Teluk Ambon, yakni kapal maupun spead boat yang ditumpangi dirinya (Kapolda) maupun peserta upacara terus bergerak.

"Kesulitan yang kita alami saat upacara yakni tidak menetap ditempat dan sering bergeser akibat arus diperairan Teluk Ambon ini. Dan kita sangat menikmati alamanya. Bukan saja kita tetapi masyarakat sekitarnya juga, karena ini merupakan hal pertama yang baru dilaksanakan," bebernya.

Dalam upacara ini, polisi mengunakan armada laut milik Polda Maluku, perahu nelayan dan kapal-kapal ikan serta speedboat warga Kota Ambon.

Bertindak selaku inspektur upacara Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Komandan Upacara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Apeles Siletti. Warga menonton dari atas Jembatan Merah Putih (JMP).
Bendera di naikkan di atas KP Teluk Ambon XVI-3002. Dikibarkan 3 prajurit Poliar Polda Maluku.   

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat menambahkan, sebelumnya Polda Maluku, melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, diatas puncak gunung Salahutu, Maluku Tengah.

"Upacara pertama dilaksanakan kita (Polda Maluku) pada tanggal 14 Agustus 2019, dipuncak Salahutu, dengan ketinggian dari permukaan air laut sekitar 1086 MDPL," kata dia. 

Dikatakan, upacara pengibaran bendera diatas puncak Salahutu itu, yang dipimpin langsung Kapolda Irjen Pol. Drs Royke Lumowa, dan diikuti oleh Wakapolda Brigjen Pol. Teguh Sarwono, sejumlah pejabat utama serta 150 personil gabungan seluruh satuan kerja dari di Polda.

"Ditengah cuaca dan medan yang sangat ekstrim, dengan melintasi hutan dan sungai, dengan jarak tempuh sekitar 7 jam perjalanan, mulai dari Kota Ambon, menuju desa Waai, selama satu jam, kemudian dari desa Waai, menuju kaki gunung Salahutu, 3 jam dan dari kaki gunung menuju puncak gunung tiga jam, sehingga total 7 jam," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00