• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Begini Kalau Marinir AS dan TNI AL Lomba Tujuh Belasan

17 August
16:07 2019
1 Votes (1)

KBRN, Jakarta : Jika Amerika Serikat memiliki Hari Kemerdekaan yang dikenal dengan 4th of July, Republik Indonesia punya istilah Hari kemerdekaan yang disebut Tujuhbelasan. Istilah 4th of July adalah mengacu pada Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) pada 4 July 1776.

Sedangkan untuk Indonesia, Tujuhbelasan merupakan istilah Hari Kemerdekaan yang mengacu pada Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Memanfaatkan Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) di Hutan Selogiri, Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) mengikuti perlombaan tujuhbelasan dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74, Sabtu (17/8/2019).

Beragam perlombaan digelar, seperti Panjat Pinang, Balap Bakiak, Balap Karung, Lomba Pindah Belut, dan banyak lagi perlombaan menarik yang bagi para prajurit AS dianggap sangat menyenangkan serta menjadi pengalaman tak terlupakan.

Dalam lomba balap bakiak, rata-rata setiap tim menaruh prajurit Amerika yang notabene berbadan besar di depan, namun belum terlalu fasih dalam jenis lomba itu. Alhasil, pasti lucu sekali, walaupun kompak, namun sangat lucu.

Demikian halnya dengan lomba balap karung, ukuran karung yang memang tidak didesain untuk orang dengan tinggi badan seperti para prajurit Amerika, tentunya memberikan pemandangan lucu, sehingga saat lomba, mereka kerap dianggap curang seolah berjalan kaki dan tidak melompat. Sementara para Prajurit TNI AL memang fasih sekali melompat bersama karung masing-masing. 

Tak kalah menyenangkan adalah saat lomba memindahkan belut serta panjat pinang. Apalagi dalam panjat pinang, para prajurit Amerika yang rata-rata memiliki fisik tinggi besar, sengaja 'dikerjain' jadi penopang kuat di bawah. Tapi ketika hadiah di atas berhasil diambil oleh Marinir Indonesia, para prajurit Amerika tersebut malah sangat senang, karena pemandangan lucu selama proses mengambil hadiah tersebut.

Acara tersebut dinikmati oleh para prajurit Marinir Indonesia dan Amerika. Seusai lomba, mereka semua membersihkan diri dan istirahat sambil makan dan menikmati minuman segar khas Indonesia bersama-sama.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00