• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

HUT Kemerdekaan RI Ke-74 dari Sungai Kecil Sampai Pulau Reklamasi

17 August
11:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Warga menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 di Sungai Amprong, Kotalama, Malang, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2019). 

Upacara bendera tersebut sengaja diadakan di sungai untuk menggugah masyarakat agar turut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai serta alam sekitarnya.

Sementara itu, siswa bersama komunitas Santri Jogo Kali juga menggelar upacara bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI di sungai Jombang, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2019). 

Dengan mengadakan upacara di sungai, harapannya dapat menjadi momentum menggugah jiwa masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitarnya, serta meningkatkan kesadaran diri agar tidak membuang sampah ke sungai.

Sedangkan dari Megapolitan Jakarta, Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 juga berlangsung di Pantai Maju, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019). 

Upacara tersebut diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopomda), Organisasi Masyarakat dan siswa sekolah. 

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi inspektur upacara pengibaran bendera Pantai Maju atau Pulau D Reklamasi tersebut.

Anies tiba di lokasi sekitar pukul 07.05 WIB, mengenakan seragam dinas lengkap langsung menyalami peserta upacara yang sudah hadir lebih dulu.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta ke lokasi upacara menggunakan bus TransJakarta. Dari area parkir, para PNS berjalan kaki ke lokasi upacara kurang lebih sejauh 500 M.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku sengaja memilih Pantai Maju atau Pulau D Reklamasi Teluk Jakarta untuk upacara 17 Agustus 2019 untuk meneguhkan kepada semua pihak, bahwa lahan reklamasi adalah milik Negara.

"Ini adalah sebuah pesan tidak ada wilayah eksklusif, tertutup. Ini adalah milik Republik Indonesia," ujar Anies.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00