• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jelang Detik-detik Proklamasi, Jokowi : "Dirgahayu Republik Indonesia Ke-74"

17 August
09:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kirab Merah Putih yang membawa Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi sudah selesai dilakukan. Kereta Kencana Ki Jaga Raksa sudah menunaikan tugas membawa Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi ke Istana Merdeka Jakarta untuk digunakan dalam Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74, Sabtu (17/8/2019).

Pasukan Baju Adat Nusantara sudah meninggalkan Istana Merdeka untuk menuju ke Silang Monas, begitu pula Pasukan Raja Nusantara, serta Pasukan Berkuda yang mengawal Kereta Kencana Ki Jaga Raksa.

Wakil Presiden Terpilih, KH Ma'ruf Amin nampak sudah hadir, setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah bersiap-siap masuk ke kursi kehormatan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk Peringatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia Ke-74 pada 17 Agustus 2019, seluruh hadirin juga mengenakan busana adat nusantara.

Kereta kencana 'Ki Jaga Raksa' dianggap bagian dari replika peninggalan Kerajaan Pajajaran dan Prabu Siliwangi.

Dita Amelia dan Felicia Gunawan merupakan pembawa Naskah Proklamasi dan Bendera Pusaka yang diantar langsung oleh Kereta Kencana.

Sementara itu, Presiden Jokowi sudah menuju tribun kehormatan bersama sang cucu, Jan Ethes, setelah sempat memberikan sepatah dua patah kata kepada awak media.

"Dirgahayu Republik Indonesia yang Ke-74," ucap Presiden kepada wartawan, Sabtu (17/8/2019).

Kepada wartawan, Presiden mengatakan, pada era pemerintahan kedua, dirinya akan melakukan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beretika dan memiliki daya saing untuk Indonesia ke depannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00