• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemerintah Dorong Swasta dan BUMN Bangun Infrastruktur

16 August
19:20 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat jumpa pers di Jakarta menjelaskan pemerintah akan melibatkan pihak swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN untuk mendukung percepatan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur. 

Sri Mulyani mengatakan “pemerintah terus mendorong keterlibatan swasta melalui skema kerja sama dengan badan usaha, dimana potensi nilai proyeknya dalam bentuk Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) tahun depan atau 2020 sebesar Rp 19,7 triliun,” jelasnya di Gedung Kantor Pusat DJKN, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2019).

Sri Mulyani menjelaskan, ada 10 proyek dengan potensi nilai sebesar Rp 19,7 triliun dibangun dengan  KPBU pada 2020. Menurut Sri Mukyani proyek telekomunikasi merupakan yang terbesar dengan KPBU mencapai Rp 14,2 triliun.

Dalam kesempatan ini Sri Mulyani menjelaskan secara rinci proyek pembangunan infrstruktur dengan menggunakan KPBU. Diantaranya Palapa Ring Barat Rp 1,2 triliun,Palapa Ring Tengah Rp 1 triliun dan Palapa Ring Timur Rp 5,4 triliun.

Selanjutnya Satelit Multifungsi Rp 6,6 triliun, jalan nom tol di Sumatera Selatan (Sumsel) Rp 900 miliar, jalan non tol di Riau Rp 1,1 triliun. Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Sumatera dan Jawa Rp 0,3 triliun. Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi Rp 1,6 triliun.

“Kemudian pengembangan dan Pengoperasian Pelabuhan Bau-Bau di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Rp 0,2 triliun. Pengembangan dan Pengoperasian Pelabuhan Anggrek di Provinsi Gorontalo Rp 0,3 triliun,” pungkas Sri Mulyani.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00