• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Mobil Listrik Arjuna UGM Siap Berlaga di Jepang

16 August
17:20 2019
3 Votes (2.7)

KBRN, Yogyakarta : Mobil listrik UGM yang bernama Arjuna siap mengikuti kompetisi mobil balap di Formula Society of Automotive Engineers International (FSAE) Jepang pada 27-31 Agustus mendatang. Rencannya tim Arjuna akan mengikuti lomba untuk kategori kendaraan mobil listrik formula.

Ariestyan Hermawan selaku ketua tim Arjuna mengatakan, Jumat (16/8/2019) keikutsertaan kali ini merupakan kedua kalinya di kompetisi mobil balap. Sebelumnya tim Arjuna mengikuti kompetisi pada tahun 2017. 

“Waktu itu kita tim pertama dari Indonesia dalam kelas EV (electric vehicle),” kata Hermawan menjelang pelepasan mobil tersebut bersama tim perancang yang akan bertolak ke Jepang mengikuti Formula Society of Automotive Engineers Internastional (SAE) di Balairung UGM.

Meski tahun 2018 lalu tidak ikut serta, namun Hermawan menargetkan bisa meraih prestasi dalam kategori best presentation dan best overall result in ASEAN participant. 

Bukan hanya keikutsertaan dalam kompetisi, ia mengharapkan dengan pengembangan mobil listrik ini bisa terus mendorong inovasi pengembanngan mobil listrik karya anak bangsa. 

“Kita ingin terus mengembangkan mobils listrik hasil karya anak bangsa di kancah internasional,” kata Hermawan.

Dekan Fakultas Teknik UGM Prof. Ir. Nizam mengapresiasi kegigihan dari anggota tim Arjuna yang sudah mampu mengatasi berbagai tantangan dari mulai model pengembangan hingga pencarian dana sponsor agar bisa berangkat kompetisi ke Jepang.

”Selamat berlomba dan bisa menenangkan kompetisi agar bisa memberikan yang terbaik,” kata Dekan.

Direktur Kemahasiswaan UGM Dr. Suharyadi MS. mengatakan tim mobil listrik Arjuna merupakan salah satu dari 22 komunitas mahasiswa yang memiliki minat pada kreativitas. Dari 22 komunitas ini, salah satunya komunitas formula mobil listrik yang akan berlaga di Jepang. 

Suharyadi mengapresisi semangat mahasiswa dan tim pembina yang terus mendorong mahasiwsa untuk tidak berhenti dalam menuangkan ide dan inovasinya dalam pengembangan mobil formula. 

Selain melepas tim mobil balap formula, UGM juga melepas tim gadjah Mada Aerospace Team (GMAT) yang akan mengikuti kompetisi muatan roket dan kompetisi muatan balon atmosfer yang diselengrakan oleh Lembaga Penerbagnan dan Antatika Nasional (LAPAN). Kompetisi akan berlangsung di Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat pada 23-25 Agustus 2019. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00