• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK: Tersangka Emirsyah dan Soetikno Diperiksa atas Kasus Dugaan Pencucian Uang

16 August
13:21 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta :  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mendalami kasus perkara dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Ada 2 tersangka yang ditetapkan KPK dalam kasus ini, masing-masing adalah Soetikno Soedarjo dan Emirsyah Satar.

“ESA (Emirsyah Satar) dan SS (Soetikno Soedarjo) hari diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus dugaan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang)” jelas Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Febri menjelaskan, tersangka Emirsyah dan Soetikno sudah ditahan KPK sejak Rabu (7/8/2019). Yang bersangkutan sebenarnya sudah lama ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap sejak 2017, namun saat itu penyidik KPK belum menahan keduanya.

Tersangka Emirsyah Satar sebelumnya diketahui pernah menjabat sebagai  Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero). Tersangka Soetikno sebelumnya diketahui sebagai pengusaha sekaligus pemilik PT MRA (Mugi Rekso Abadi) Group yaitu perusahaan dalam bidang perhotelan, ritel, majalah, dan perusahaan otomotif.

Sementara itu, sebelumnya penyidik KPK telah menetapkan Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo sebagai tersangka dalam kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) suap terkait pengadaan pesawat terbang komersial dan mesin pesawat untuk maskapai Garuda Indonesia.

Dalam kasus dugaan suap ini, Soetikno ditetapkan sebagai tersangka dalam kapasitasnya sebagai pemilik keuntungan atau beneficial owner Connaught International Pte Ltd.

Berdasarkan pengembangan penyidikan yang dikakukan KPK, tersangka Emirsyah dan Soetikno kemudian disangkakan melakukan perbuatan atau dugaan tindak pidana pencucian uang.

Dalam kasus ini penyidik KPK juga menetapkan Hadinoto Soedigno sebegai tersangka, yang bersangkutan merupakan mantan Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada PT Garuda Indonesia periode masa jabatan 2007 hingga 2012.

Penetapan sejumlah tersangka dalam kasus TPPU itu dikakukan setelah penyidik KPK menemukan sejumlah temuan baru dalam kasus ini. KPK menduga ada pemberian uang dari Soetikno ke Emirsyah dan Hadinoto untuk membayar sejumlah aset seperti rumah hingga mengirimkan uang ke dejumlah rekening di luar negeri miik Emirsyah Satar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00