• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Jokowi Imbau Masyarakat Untuk Selalu Waspada Bencana

16 August
12:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat bahwa dunia yang kita huni bersama tidak selamanya mulus dan stabil. 

Menurutnya tidak semuanya pasti dan selalu terduga. Indonesia saat ini sedang menghadapi dinamika ekonomi global yang terus bergejolak dan menghadapi perubahan geopolitik.

"Krisis ekonomi melanda beberapa belahan dunia, krisis iklim mengancam dunia kerusakan lingkungan menjadi ancaman kita bersama," jelasnya dalam menyampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Selain itu, Ring of fire yang melingkari wilayah Indonesia dapat menghadirkan bencana tanpa kita duga sebelumnya. 

"Hampir seluruh wilayah Indonesia merupakan wilayah rentan bencana. Gempa bumi tanah longsor gunung meletus, tsunami, kebakaran hutan, banjir. Oleh karena itu sikap sigap dan waspada menghadapi ketidakpastian sangatlah penting," tegasnya.

Menurutnya kapasitas Indonesia dalam mengelola risiko, menghadapi gejolak ekonomi global, dan mengelola bencana yang tidak terduga harus diperkuat. 

"Pembangunan kita harus sensitif terhadap berbagai risiko. Infrastruktur harus disiapkan mendukung mitigasi risiko bencana. Masyarakat juga harus waspada dan sadar risiko," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00