• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Kampung Panjang Citayam Depok Dikepung Banjir

15 August
20:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Akibat hujan yang terus mengguyur Kota Depok, anak Sungai Ciliwung Selatan dan Barat meluap hingga Kali yang menjadi cabang aliran sungai tak mampu menampung debit air.

Akibatnya, kawasan Kampung Panjang Citayam, Depok, Jawa Barat dikepung banjir setinggi lutut orang dewasa, Kamis (15/8/2019).

Namun begitu, sejak tadi pagi, anak-anak tetap berangkat sekolah, dan aktivitas warga yang berangkat kerja masih bisa berjalan, walaupun rumah-rumah mereka banyak yang terendam air. 

Sedangkan bagi mereka yang sudah terlanjur terjebak banjir maupun membandel masih tetap menerobos air menggunakan sepeda motor, harus merelakan kendaraannya tersbeut mogok.

Sebelumnya, Wali Kota Depok Muhammad Idris sudah memperingatkan warganya yang memang masih belum bisa menghilangkan budaya buang sampah sembarangan, terutama di Kali Palayangan, Kampung Utan, Depok, Jawa Barat.

"Budaya membuang sampah pada tempatnya, harus dibangun bersama," ujar Idris di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (14/8/2019).

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sudah berupaya mengatasi sampah warga di Sungai/Kali dengan menerjunkan Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok untuk membersihkannya. Akan tetapi jika tidak dimulai dari kesadaran masyarakatnya, tentu percuma, dan Depok akan selalu menjadi langganan banjir setiap tahunnya setiap datang hujan deras.

Menurut data, sejak 2017 sampai 2019 ini, Depok rutin diterjang banjir dengan alasan yang sama, yakni akibat penumpukan sampah yang dibuang warga di Kali/Sungai.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00