• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Margarito Kamis: Mau Angkat Siapapun Jadi Menteri, Terserah Presiden!

15 August
16:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Memilih menteri sepenuhnya merupakan hak prerogatif presiden. Maka dari itu, terserah Presiden Terpilih, Joko Widodo (Jokowi) untuk memilih dan menentukan orang-orang yang bakalan membantu dia sebagai menteri, dalam lima tahun pemerintahannya.

Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis menegaskan kalau aturan tentang itu sudah jelas-jelas diatur dalam konstitusi bangsa ini.

"Mau angkat siapa, dari profesional atau apapun namanya. Terserah Presiden," tegasnya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Kamis (15/8/2019).

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri sudah mewanti-wanti Jokowi untuk memberikan jatah menteri terbanyak bagi partainya. Sekalipun belum menyebut angka pasti, Jokowi pun telah mengiyakan itu.

Margarito yang juga pakar politik ini mengakui kalau Jokowi memang agak sulit lepas dari pengaruh politik di sekitarnya. Namun yang pasti, ditegaskannya, apapun itu, hak Jokowi untuk memilih dan menentukan jumlah menteri bagi partai sepenuhnya tak bisa diganggu gugat. Yang penting menurut dia orang yang dipilih menjadi menteri adalah mereka yang mau, dan bisa bekerja untuk kepentingan rakyat.

"Ya terserah Presiden. Sangat terserah Presiden. Anda suka atau tidak suka, senang atau tidak senang terserah Presiden. Karena hukumnya begitu," tukasnya. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00