• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Iringan-Iringan Kereta Kencana, Rasok dan Odheng Jengger, Warnai Perayaan Harjakasi ke-201

15 August
11:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: Iring-iringan kereta kencana Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran pejabat Pemkab Situbondo, dari kantor pemda menuju Alun-Alun disambut meriah oleh ribuan masyarakat dan siswa-siswi yang membentuk pagar betis, seraya melambaikan bendera merah putih.

Bupati Dadang Wigiarto beserta istri dan Wakil Bupati Yoyok Mulyadi beserta istri yang menaiki kereta kencana di urutan terdepan, membalas lambaian tangan warga sembari tersenyum lepas.

Iring-iringan kereta kencana para pejabat di lingkungan Pemkab Situbondo ini, mengawali dilangsungkannya Apel Memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-201, di Alun-Alun dengan tema 'Merajut Kebersamaan Menyongsong Situbondo Lebih Maju'.

"Iring-iringan ini mengandung filosofi budaya kebersamaan terbangun dan simbol pemimpin yang memperoleh dukungan dari masyarakatnya termasuk internal," ujar Bupati usai Apel, Kamis (15/8/2019).

Bupati berharap, simbol ini menjadi rasa optimis bagi seluruh ASN di lingkungan Pemkab Situbondo, bahwa ke depan Situbondo tak hanya menjadi daerah berkembang tetapi melesat menjadi daerah maju. Tentunya, dengan dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat umum.

"Pasca keluar dari daerah tertinggal, para pemangku kepentingan beserta masyarakat memiliki peran lebih handal, untuk menyongsong Situbondo menjadi daerah maju," kata Bupati.

Bupati mengemukakan, lepas dari status tertinggal, pekerjaan pemerintah akan lebih berat, efisiensi anggaran harus diperketat karena harus mandiri. Sebab program pembangunan dari pusat untuk daerah dihentikan. 

"Jangan sampai selepas dari status tertinggal, paramater dan indikator daerah justru menurun. Ini problem bagi daerah, apalagi kisi-kisi pendapat daerah menjadi salah satu cara untuk mandiri," ungkap Bupati.

Pantauan RRI, ada 16 ekor kuda dalam acara iring-iringan kereta kencana para pejabat. Mereka mengenakan Rasok, pakaian khas Situbondo dan Odheng Jengger. Kesenian Tari Pojien berada diurutan belakang, yang mendoakan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Situbondo. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00