• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Direktur PT Lippo Cikarang Dipanggil KPK sebagai Saksi Tersangka Iwa Karniwa

15 August
10:29 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini dijadwalkan memanggil Ju Kian Salim Direktur PT. Lippo Cikarang. Salim diperiksa sebagai saksi terkait kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) suap terkait perizinan proyek pembangunan Meikarta di Cikarang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Jakarta menjelaskan, Salim dipanggil penyidik dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Iwa Karniwa. Iwa menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Barat non aktif

“Yang bersangkutan (Ju Klan Salim) dipanggil KPK sebagai saksi untuk tersangka IWK (Iwa Karniwa)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (15/8/2019).

Febri menjelaskan, dalam kesempatan ini KPK juga memanggil sekumlah saksi lainnya, diantaranya Melda Peni Lestari Sekretaris Direksi PT. Lippo Cikarang dan Sri Tuti Staf Keuangan PT. Lippo Cikarang.

Penetapan Iwa Karniwa sebagai tersangka itu merupakan hasil pengembangan penyidikan yang dilakukan KPK. Dari hasil pengembangan itu KPK kemudian menetapkan dua orang sebagai tersangka baru dalam kasus perkara suap proyek Meikarta.

Kedua tersangka baru yang ditetapkan KPK itu masing-masing adalah Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa dan mantan Presiden Direktur (Presdir) PT. Lippo Cikarang Bartholomeus Toto. Keduanya diduga terlibat dalam kasus suap terkait dalam proyek ini.

Selanjutnya KPK menetapkan Toto sebagai tersangka karena diduga telah memberikan sejunlah uang suap Rp10,5 miliar kepada Neneng Hassanah Yasin, mantan Bupati Karawang. Uang itu diduga diberikan dengan tujuan untik memuluskan sejumlah pengurusan izin terkait proyek Meikarta.

Penyidik KPK juga menetapkan Iwa Karniwa sebagai tersangka karena diduga menerima sejumlah uang sebesar Rp900 juta. Uang itu diduga diberikan kepada Iwa dengan tujuan untuk memuluskan sejumlah pengurusan terkait Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Boyong 20 Pemain, Garuda Muda Siap Bertarung di SEA Games