• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Tergiur Uang, Tokoh Masyarakat Tega Jual Lahan TNTN

15 August
09:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Polres Pelalawan kembali menangkap seorang pelaku diduga telah membakar hutan dan lahan di wilayah areal konsesi Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Pangkalan Kuras. Pelaku inisial AA merupakan salah seorang tokoh masyarakat atau disebut juga Batin Hitam Sungai Medang. 

"Ia memiliki lahan di areal TNTN dengan luas 6 hektare. Menurut pelaku itu tanah ulayat," ungkap Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, Kamis (15/8/2019).

Terungkapnya penangkapan pelaku ini, setelah pihaknya mendapatkan laporan bahwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di wilayah TNTN. Setelah dilakukan penyelidikan, petugas menemukan beberapa alat bukti dan keterangan saksi-saksi. 

Lebih lanjut, Kaswandi menyebutkan pelaku awalnya mengelak ditetapkan sebagai tersangka. Hasil penyelidikan petugas menemukan kegiatan perkebunan yang dilakukan pelaku tanpa izin Mentri dalam kawasan hutan. 

"Pengakuannya, dia memiliki perkebunan karet di TNTN, tapi tanpa izin. Selain itu juga, penyidik juga menduga pelaku menjual lahan di TNTN ke oknum masyarakat dengan modus surat hibah ulayat," terang Kaswandi.

Saat ini, penyidik terus melakukan penyidikan terhadap pelaku yang memiliki perkebunan karet di kawasan TNTN itu. Serta juga tindak pidana penjualan lahan ke masyarakat dengan modus surat ulayat. 

"Kita masih menyelidiki laporan ini yang dilakukan oleh Kepala Seksi Wilayah II TNTN ke penyidik. Terhadap pelaku, saat penangkapan ditemukan di dalam rumah tak jauh dari lahannya," tandas Kaswandi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Boyong 20 Pemain, Garuda Muda Siap Bertarung di SEA Games