• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Rendang Ikan Salai Jadi Menu Kebersamaan Jemaah Asal Riau

15 August
08:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang mengajarkan seorang muslim melakukan ibadah secara sinergis dengan semangat kebersamaan, dengan kata lain, sama-sama bekerja, dan bekerjasama antar jamaah. Dalam rangka kebersamaan, jemaah haji asal Provinsi Riau makan bersama-sama dengan lauk rendang ikan salai.

Pelaksana Harian Kepala Seksi Penyelenggaran Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Kota Pekanbaru, Abdul Wahid mengatakan ibadah haji adalah kegiatan yang selalu dilakukan dalam suasana kebersamaan yang dapat membangun ikatan emosional dan spiritual.

"Hampir dapat dipastikan tidak ada kegiatan ibadah haji yang dapat dilakukan dalam kesendirian, semuanya dilakukan secara terbuka dan bersama-sama," jelasnya, Kamis (15/8/2019).

Dikatakan, hal itu terlihat dari kekompakan jemaah kloter BTH 04 sejak awal rangkaian haji hingga berakhir di Armuzna. Hingga di detik-detik akhir puncak rangkaian haji 1440 H. Jemaah BTH 04 menikmati momen kebersamaan itu.

"Dari total Jemaah 443 orang dan 5 orang petugas, 206 ada yang mengambil Nafar awal dan ada yang Nafar Tsani sebanyak 242 orang, lanjutnya," ungkapnya.

Laporan dari Arab Saudi juga menyebutkan jemaah BTH 04 ada yang nafar awal dan nafar tsani, sehingga tim TKHI juga terpaksa dibagi menjadi 2 tim.

"Satu tim mendampingi jamaah nafar awal dan 2 mendampingi jamaah yang nafar tsani, sebagaimana disampaikan dokter Dewi Rosanti melalui pesan WhatsApp," ungkapnya.

Bagi jamaah nafar tsani melanjutkan aktifitas di tenda mina jadid. Seperti biasa, petugas kesehatan yang mendampingi jamaah di tenda kembali melakukan rutinitas seperti mendampingi saat melontar jamarot, visitasi, dakwah kesehatan haji, minum air dan minum oralit bersama, perawatan jamaah di tenda, hingga mengantar jamaah nyasar.

Petugas di Arab Saudi mengaku satu hal yang cukup berkesan adalah makan bersama dengan para jemaah. Kalo sebelumnya jamaah yang sering berbagi makanan kepada petugas.

“Alhamdulillah rendang ikan salai dari kampung betul-betul membuat jamaah semakin bersemangat makan. Indahnya berbagi dengan semboyan tugasku adalah ibadahku, haji sehat haji mabrur”, ucapnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00