• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Sanksi Tegas Pelaku Pembakaran Hutan Terganjal Ketidaktauan Masyarakat

15 August
08:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pangkalpinang : Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kesulitan menerapkan aturan sanksi bagi pelaku pembakaran hutan.

Karena hampir semua masyarakat tidak mengetahui dan tidak memahami aturan tentang pembakaran hutan yang tertuang dalam Undang – Undang nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dan Undang – Undang nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Sehingga Menurut Kabid Perlindungan Hutan Dan Kebakaran Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jon Saragih, pihaknya hingga kini belum dapat menerapkan aturan itu secara tegas di kalangan masyarakat terlebih terhadap pelaku pembakaran hutan.

“Undang – undang ini sebetulnya masyarakat juga belum tau semua, bahkan kepala desa juga belum tau semua, sebenarnya aturan itu ada sanksinya, kalau dia tidak tau mau diapain, inilah kelemahan daripada kita pemerintah juga,” jelas Jon, Kamis (15/8/2019).

Untuk sekarang ini, diakui Jon Saragih, pihaknya hanya dapat melakukan upaya sosialisasi dan pemberian himbauan dalam peningkatan kesadaran ke masyarakat agar menjaga hutan dari kebakaran, serta pemberian pengetahuan terhadap aturan dan sanksi bagi pelaku pengrusakan hutan, baik illegal logging maupun illegal mining.

Dengan harapan ke depan, tidak ada lagi masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar, terutama di musim kemarau yang rawan terjadi kebakaran dan menjalarnya api sehingga mengancam kehidupan ekosistem hutan lainnya.

Dikatakan Jon, selama musim kemarau ini, sudah terjadi kebakaran hutan di beberapa lokasi, baik Pulau Bangka maupun Belitung, namun pihaknya belum dapat menginventarisir rekapitulasi data kebakaran hutan dan lahan yang banyak terjadi akibat ulah manusia untuk membuka lahan tersebut, mengingat untuk mengakomodir karhutla yang terjadi, pihaknya pun bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Petugas Pemadam Kebakaran.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00