• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

BMKG: Waspada Potensi Karhutla di Kalteng Hingga 2 Hari ke Depan

15 August
02:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan serius potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalimantan Tengah, Kamis (15/8/2019).

Situs bmkg.go.id menyampaikan, waspada potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah berdasarkan tinjauan dari parameter cuaca.

“Diimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati atas potensi kemudahan kebakaran lahan di lingkungan masing-masing,” tulis imbauan di situs tersebut.

Peringatan berikutnya disampaikan bahwa akibat potensi terjadinya karhutla ini perlu diwaspadai terjadinya penurunan kualitas udara.

”Waspada potensi penurunan kualitas udara akibat peningkatan polusi udara yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah,” lanjut keterangan situs tersebut.

BMKG mengimbau masyarakat Kalimantan Tengah agar menjaga saluran pernapasannya dari pencemaran udara yang diakibatkan karhutla ini.

“Selalu menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar ruangan, terutama untuk anak-anak, manula dan wanita hamil,” tulis informasi yang sama.

BMKG melaporkan, peringatan terjadinya karhutla di wilayah tersebut akan terus terjadi selama dua hari, yakni hingga Jumat (16/8/2019) mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00