• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sempat Dihancurkan Gempa, Gumbasa Sigi Sekarang Sudah Panen Jagung

14 August
23:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kementerian Pertanian menargetkan produksi jagung nasional pada 2019 sebesar 33 juta ton atau naik dibandingkan sebelumnya yang hanya 30 juta ton. Dan untuk saat ini, sedang berada pada posisi surplus produksi.

Salah satu yang mendukung surplus adalah keberhasilan para petani di daerah untuk panen jagung secara rutin. Contohnya adalah para petani yang baru saja panen jagung di Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (14/8/2019).

Sebelumnya, para petani di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah memang sudah mulai kembali menggarap lahan pertanian setelah sebelumnya terkoyak gempa bumi 7,4 SR yang mengguncang daerah itu pada 28 September 2018 silam.

Lahan pertanian yang sempat terlantar kembali diolah penduduk setempat agar menghasilkan. Areal persawahan yang tadinya ditanami padi, akibat gempabumi itu sekarang hanya bisa ditanami komoditas hortikultura, seperti jagung serta ubi-ubian.

Dan jagung adalah salah satu yang menjadi favorit para petani karena hasilnya dinilai lumayan untuk menopang kehidupan mereka pasca gempa.

Hancurnya persawahan juga diperburuk dengan masih belum beresnya infrastruktur irigasi Gumbasa yang selama ini berfungsi sebagai penyuplai air bagi lahan persawahan. Fasilitas irigasi hancur akibat gempabumi September 2018 silam.

Oleh karena itu, jagung menjadi pilihan yang ditanam masyarakat saat ini. Selain jagung, para petani juga mulai beralih menanam komoditas hortikultura lainnya seperti cabai, tomat serta bawang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00