• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Lontar Jumrah Berakhir, Mina Kembali Sepi

14 August
23:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Makkah : Prosesi lontar jumrah di Mina berakhir, Rabu (14/8/2019) Waktu Arab Saudi. Daerah yang dijuluki sebagai kota tenda tersebut kini sepi karena seluruh jemaah haji telah kembali ke penginapan masing-masing.

Jemaah haji yang terakhir meninggalkan Mina adalah mereka yang mengambil nafar tsani, yakni mabit selama tiga malam dan melempar jumrah dalam tiga hari tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah).

Jemaah yang mengambil nafar tsani tersebut mulai meninggalkan Mina sejak Rabu pagi setelah menyelesaikan seluruh proses lontar jumrah. Untuk jemaah haji Indonesia, keberangkatan dari Mina ke penginapan di Makkah, dilakukan secara bertahap sejak pagi hari.

Menurut Kepala Satuan Operasi Armuzna, Jaetul Mukhlis, jemaah mulai diberangkatkan dengan bus dari Mina sejak pagi hari.

"Bus sudah siap dari pukul 06.00 tetapi jemaah pertama berangkat itu sekitar pukul 08.45 WAS," kata Jaetul di Mina, Makkah, Rabu (14/8/2019).

Jaetul menuturkan, jemaah yang meninggalkan Mina tersebut telah menyelesaikan seluruh proses lontar jumrah yakni melontar jumrah ula, wustha, dan aqabah.

Dengan berangkatnya seluruh jemaah haji dari Mina, kini Mina kembali sepi karena tidak ada lagi jemaah yang mabit atau bermalam di Mina. Begitu pun lokasi jamarat yang biasanya dipadati ribuan jemaah, hingga Rabu sore hanya tampak puluhan jemaah saja.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00