• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Bareskrim Polri Rilis Situs Pengaduan Kejahatan Siber

14 August
23:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Untuk menampung laporan kejahatan siber dari masyarakat, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri baru saja merilis website atau situs patrolisiber.id, di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

"Website ini memadukan laporan polisi yang dilaporkan oleh masyarakat secara manual akan diupload dan (juga) menerima laporan (langsung) dari masyarakat," ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Albertus Rachmat Wibowo di Trunojoyo.

Albertus lanjut menuturkan, tiap warga yang mengadu harus mengisi kolom identitas terlebih dahulu sebelum diminta menceritakan kronologi kejadian yang dialami atau disaksikan dengan melampirkan dua bukti suara ataupun gambar ketika membuat pengaduan. 

Selanjutnya, kata Albertus, penyidik siber Bareskrim akan menganalisis bukti serta aduan dari warga yang masuk lewat situs patrolisiber.id.

Dirinya mengingatkan, situs patrolisiber.id hanya sebagai analisis saja, karena laporan yang akan ditindaklanjuti adalah yang disampaikan masyarakat ke kantor polisi terdekat. Tapi, menurutnya, jika anggota masyarakat menyertakan data diri lengkap sampai nomor telepon yang bisa dihubungi saat mengadukan kejahatan siber di patrolisiber.id, akan membantu pihak kepolisian saat berhasil menangkap si pelaku.

"Apabila masyarakat mencantumkan identitas lengkap, nomor kependudukan (Nomor KTP), nomor telepon, serta alamat e-mail yang bisa dihubungi, ketika si pelaku yang merugikan masyarakat tersbeut berhasil ditemukan, kami bisa dengan mudah menghubungi masyarakat (yang mengadukannya)," tandas Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Albertus Rachmat Wibowo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00