• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Din Syamsudin, Kabinet Jokowi: Harus Diisi Orang yang Ahli dan Profesional

14 August
23:04 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Mantan Ketua PP Muhamadiyah Din Syamsuddin berharap pemerintahan mendatang diisi dengan kabinet yang betul-betul professional dan ahli di bidangnya.

Harapan itu diungkap kepada wartawan usai menghadiri grand opening Masta penyambutan mahasiswa baru Univesitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) di kampus setempat, Rabu (14/8/2019).

“Indonesia dengan segala permasalahan saat ini, dituntut adanya pemerintahan yang lebih baik.  Harus ada kerja keras dan kinerja terbaik, sehingga diperlukan pembantu yang jelas, punya kapabilitas, integritas dan yang bersifat melayani ,” ungkapnya.

Menurutnya, hal itu tidaklah mudah karena harus mengakomodasi kepentingan partai pendukung. Sehingga pemerintahan Jokowi diminta agar tidak tersandera kepentingan partai politik yang meminta jatah kabinet.

“Jika akhirnya pemerintah mengakomodasi masing-masing (parpol) minta sekian, bahkan tidak boleh kurang, bisa dibayangkan kinerja pemerintah yang akan datang akan tersandera oleh kepentingan parpol,” tukas Din.

Lebih lanjut Din Syamsudin yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI itu juga menilai, saat ini banyak menteri dari partai politik yang kurang berorientasi kerja dan mengabdi untuk bangsa dan rakyat namun justru lebih mengabdi untuk partai.

“Banyak sekali Menteri dari Parpol tertentu tidak maksimal dalam hal kinerja,” tukasnya.

Sementara itu, saat disinggung mengenai ada atau tidaknya tawaran dari pemerintah kepada Muhammadiyah terkait jabatan menteri, dia enggan menjawab secara detail.

“Kami bukan Ketua PP, dan hanya sebagai Ketua Ranting. Kendati demikian sebagai mantan Ketua PP Muhammadiyah, Muhammadiyah orientasinya bukan politik kekuasaan akan tetapi politik nilai, dan politik moral," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00