• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kebakaran di Hutan Rakyat Wonogiri Berhasil Dipadamkan

14 August
23:02 2019
0 Votes (0)

KBRN Wonogiri : Frekuensi bencana kebakaran lahan dan hutan di Wonogiri terus meningkat dan patut diwaspadai terlebih musim kemarau diprediksi mencapai puncaknya pada bulan Agustus-September mendatang. 

Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto mengatakan, puncak musim kemarau kemungkinan bisa lebih panjang lagi. 

Sebab menurut prediksi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), puncaknya akan terjadi pada  Agustus-September ini. 

“Kondisi itu bisa berimbas semakin seringnya terjadi kebakaran hutan,” ungkap Bambang, Rabu (14/8/2019).

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Wonogiri, selama bulan Januari hingga saat ini sebanyak 21 kejadian dengan rincian 15 rumah dan 6 lahan hutan dengan kerugian sekitar Rp 1,28 miyar. 

“Lahan yang terbakar itu seluas 39 hektar terdiri dari hutan negara 6 hektar dan hutan raya 33 hektar. Sedangkan untuk kebakaran lahan dan hutan di kecamatan Eramoko yang berlangsung sejak 12 Agustus hingga ini sudah dapat dipadamkan,” tukasnya.

Lebih lanjut Bambang Haryanto mengatakan, dampak dari adanya kebakaran lahan dan hutan itu cukup berbahaya dan berpotensi menimbulkan rekahan tanah dan terjadinya tanah longsor. 

“Kebakaran hutan juga mematikan organisme tanah sehingga kehilangan unsur hara dan menurunkan tingkat kesuburan tanah. Selain itu, satwa dan sumber air juga bisa mati,” cetusnya.

Bambang meminta kepada masyarakat untuk ikut mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan. 

“Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah tidak membakar sampah dan tidak membuang puntung rokok di tepi hutan,” pungkasnya.

.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00