• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Banjir Bandang Namo Sigi, 174 KK Terdampak

14 August
22:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Banjir bandang yang menerjang dua dusun (Dusun 3 dan 4) di Desa Namo, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Selasa malam, 13 Agustus 2019 kemarin, masih menyisakan kepedihan bagi sejumlah warga yang kehilangan rumah mereka, Rabu (14/8/2019).

Banjir ditengarai datang tiba-tiba dari atas bukit membawa batu besar dan pepohonan, lumpur kental, serta objek lainnya, hingga menerjang rumah-rumah penduduk di bawahnya. Bukan itu saja, banyak rumah dikabarkan hanyut. Menurut data sementara ini, 13 rumah dinyatakan menjadi korban terjangan banjir bandang tersebut.

Aparat desa setempat mengatakan, banjir terjadi sangat cepat karena berada pada aliran Sungai Sadaunta. Tak banyak warga yang sempat menyelamatkan harta benda.

Untuk keadaan di Dusun 4 Desa Namo, tercatat 7 (tujuh) rumah hanyut terbawa banjir dan 6 (enam) lainnya rusak parah akibat diterjang banjir lumpur, kayu dan bebatuan dari atas bukit.

Tragedi banjir bandang itu didahului hujan deras yang terus mengguyur Desa Namo sejak Selasa sore, 13 Agustus 2019. Hingga akhirnya beberapa warga mendengar bunyi gemuruh dari atas bukit dan langsung mengetahuinya sebagai longsoran tanah. Mereka pun berlarian menyelamatkan diri ke tempat aman tanpa sempat menyelamatkan harta benda.

Berdasarkan data dari aparat desa, 174 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir bandang Desa Namo, Kulawi, Sigi, Sulteng. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00