• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ini Beberapa Faktor Penyebab Stunting pada Anak

14 August
22:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Stunting disebabkan berbagai macam faktor dan tidak hanya disebabkan oleh faktor asupan gizi ibu hamil atau anak balita.

Beberapa faktor yang paling berpengaruh terjadinya stunting di antaranya adalah praktik pengasuhan yang tidak baik terhadap bayi dan anak balita.

Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang gizi pada prakehamilan, masa kehamilan dan setelah anak lahir, dari para orang tua.

"Pentingnya melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD), pemberian ASI Eksklusif 6 bulan, pemberian MP ASI berkualitas mulai bayi berusia 6 bulan dan melanjutkan ASI sampai dengan 2 tahun atau lebih adalahcontohsederhananya. Banyakkasus dimanabalita yang tidakmendapatkan kolostrum pada saat IMD, tidak mendapatkan ASI dan MP ASI secara memadai karena kurangnya pengetahuan tentang betapa pentingnya ASI bagi bayi," jelas Plt. Direktur Gizi Kemenkes RI, Eni Gustina dalam dialog sore Pro3 RRI, Rabu (14/8/2019) di kantor Kementerian Kesehatan.

Terbatasnya akses layanankesehatan, termasuklayanan ante natal care (ANC), post natal danpembelajarandini tentang gizi dan kesehatan yang berkualitas.

Kurangnya akses kepada makanan bergizi. Di Indonesia banyak ditemui ibu hamil yang mengalami anemia karena makanan bergizi, khususnya sumber protein hewani yang harganya tidak terjangkau masyarakat.

Kurangnya usaha untuk memenuhi gizi dengan memanfaatkan kondisi lingkungan juga termasuk di dalam faktor ini.

Kurangnya akses ke air bersih dan sanitasi. Hingga saat ini masih banyak daerah yang kesulitan mengakses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Selain itu kita juga masih menemui perilaku masyarakat yang membuang kotoran di tempat terbuka. Ini juga mempengaruhi kualitas air bersih yang pada gilirannya berpengaruh terhadap kesehatan anak," lanjut Eka.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00