• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ratusan Warga Gelar Demo Tolak Kelapa Sawit di Bolmong

14 August
21:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Manado : Setelah melakukan aksi demo di Kantor DPRD Sulawesi Utara, ratusan Masyarakat dari Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, melakukan aksi yangdi kantor Gubernur Sulut, Rabu (14/8/2018), menolak masuknya perkebunan kelapa sawit di Daerahnya.

Masuknya kelapa sawit yang dikelola oleh PT Anugerah Sulawesi Indah sejak 2015 lalu, dianggap mereka sangatlah merugikan masyarakat baik segi lingkungan maupun dirampasnya lahan pertanian dari para petani.

Dalam orasinya ada 6 tuntutan diantarnya mereka menyampaikan, meminta komitmen Gubernur Sulut, Olly Dondokambey akan menolak sawit masuk di Sulut dan meminta Gubernur melakukan evaluasi terhadap seluruh izin HGU yang telah dikeluarkan Bupati Bolmong Tahun 2015.

"Kami meminta Pemerintah baik Pusat dan Daerah mengembalikan lahan garapan kepada petani dan memastikan ganti rugi terhadap tanaman milik petani yang dirusak Perusaan tersebut yang dibacking oleh aparat," ungkap salah satu pendemo.

Lanjut dia, meminta pada Gubernur juga agar mendesak dan memastikan Bupati Bolmong mencabut izin lokasi nomor 33 tahun 2011 dan izin usaha perkebunan nomor 41 Tahun 2011 atas nama PT Anugrah Sulawesi Indah serta memerintahkan pada Bupati Bolmong membatalkan rekomendasi penerbitan HGU perusaah tersebut.

"Kami meminta Badan Pertanahan Nasional membuka seluruh data-data HGU perkebunan Sawit d
Sulawesi Utara khususnya. HGU PT. Anugerah Sulawesi Indah di lolak," kata dia.

Katanya, dia meminta juga agar mencabut HGU perusahaan tersebut serta meminta Kapolda menarik aparat POLRI dari lahan garapan masyarakat di Kecamatan Lolak yang diklaim oleh PT Anugral Sulawesi Indah dan menghentikan segala bentuk kriminalisasi dan intimidasi aparat kepolisian terhadap petani di Kecamatan Lolak.

Aksi demo tersebut diterima langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sulut, Steven Liow yang mewakili Gubernur Sulut. Kata dia, Komitmen Gubernur sudah jelas yakni menolak kelapa sawit dan semua aspirasi masyarakat akan diteruskan kepada Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan secepat mungkin akan diselesaikan.

"Akan turun kelolak Bolmong untuk melihat perijinannya apakah benar sudah memenuhi amdal sesuai peraturan yang berlaku termasuk kajian layak tidaknya sawit ini disini," ungkap dia.

Diketahui, demo masyarakat lolak sebelum berakhir di kantor Gubernur mereka juga lakukan aksi demo didepan Polda Sulut dijalan bethesda Manado.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00