• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Tarik Wisatawan, Sumbar Hadirkan 3 Event Unggulan

14 August
21:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Untuk menarik wisatawan lebih banyak datang ke Ranah Minang, Pemerintah Propinsi Sumatera Barat menggelar tiga event yang diunggulkan.

Ketiga event itu adalah; Pasa Harau Art And Cultural Festival, Tour de Singkarak (TdS), dan Festival Budaya Minangkabau.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ‎mengatakan  "ketiga event ini masuk dalam 100 Wonder Event."

Tahun ini, lebih dari 58 ribu turis asing  dan 8,4 juta pegerakan wisatawan lokal ditargetkan datang ke Sumatera Barat.

"Melalui penyelenggaraan event pariwisata diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,"kata Gubernur Irwan saat peluncuran Calender of Event (CoE) Sumbar 2019 di Balairung Soesilo Soedarman di Kompleks Kementerian Pariwisata Jakarta pada Rabu (14/8).

‎Ditemui Radio Republik Indonesia diacara yang sama, Menteri Pariwisata Arif Yahya  mengapresiasi Propinsi Sumatera Barat yang mempunyai 49 event unggulan, 3 event di antaranya masuk dalam 100 Wonder Event digelar sepanjang tahun ini di 19 kabupaten/kota di Sumbar.

“Setiap bulan ada 4 event pariwisata berlangsung di Sumbar. Banyaknya event ini menunjukkan keseriusan para pimpinan daerah Sumbar dalam memajukan pariwisata. 50 persen keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh CEO Commitment," kata Arif Yahya.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kementerian Pariwisata RI, Pesona Indonesia, Pasa Harau Art & Culture Festival  tahun ini akan digelar dari tanggal 16-18 Agustus 2019.

Pasa Harau mengambil kata “pasa”, yakni kata Minangkabau yang berarti pasar atau juga dapat berarti keramaian. Jadi, bisa dibilang semua tradisi khas Minangkabau akan disajikan di Pasa Harau Art & Culture Festival 2019, layaknya sebuah pasar tempat masyarakat mencari kebutuhan sehari-hari mereka. Festival ini akan dipusatkan di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

Lembah Harau yang memiliki sawah hijau dikelilingi oleh batu granit besar, tempat air terjun yang menyegarkan berjatuhan untuk mengairi ladang, akan menjadi tempat pegelaran seni budaya tradisional Mingankabau, seperti tari piring, pertunjukan seni Randai, pacu jawi, hingga seni bela diri Silek Lacah. 

Sedangkan penyelenggaraan event Tour de Singkarak (TdS) akan berlangsung pada 2-10 November 2019.

Event sport tourism tersebut, sebagai lomba balap sepeda internasional yang memasuki tahun ke-11 kali ini, akan melintasi 16 kabupaten/kota Sumbar dan 2 kabupaten di Jambi terbagi dalam 9 etape dengan total hadiah sebesar Rp 2,3 miliar.

Event TdS 2019 juga akan menampilkan atraski budaya, kuliner, dan sport .

Sementara itu, penyelenggaraan event Festival Pesona Budaya Minangkabau akan berlangsung di Kabupaten Tanah Datar pada 4-7 Desember 2019.

Dalam festival budaya ini akan ditampilkan antara lain; Pawai Budaya, Arakan Jamba, Makan Bajamba, dan Pemecahan Rekor MURI untuk Pagelaran Telepong Pacik Terbanyak.

  • Tentang Penulis

    Budi Prihantoro

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00