• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Mau Dibongkar Warungnya, Pedagang Situ Ciburuy Resah

14 August
20:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Kondisi kenyamanan para pedagang yang membuka usaha warungan dipinggiran Situ Ciburuy (Danau) di desa Ciburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat, akhir-akhir mulai terganggu dengan adanya rencana penertiban yang akan dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat.

Di objek wisata Situ Ciburuy, saat ini terdapat sekitar 30 usaha warungan makanan dan minuman, yang sebagian besar diantaranya milik warga Desa Padalarang, sedangkan yang milik warga desa Ciburuy hanya 3 Warung.

Saat ditemui RRI, Rabu(14/8/2019), 
Salah seorang pedagang warungan bernama Tety (47) mengatakan, mereka sudah lama mendapat informasi tentang adanya rencana penertiban warung pedagang di sepanjang Situ Ciburuy .Bahkan rencananya penertiban itu akan dilakukan pada pertengahan bulan Agustus tahun ini.

Namun kata Tety, sampai saat ini pihaknya belum mendapat kepastian dari pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat selaku pengelola objek wisata tersebut.

“Belum ada kepastian ini teh, gimana nanti ajalah ini. Tadi aja ada warga yang lewat ngeledek, ayo mau dibongkar tetapi kepastian  belum ada,” ujarnya.

Menurut Tety, pada dasarnya mereka siap menunggu kapan dibongkar. Namun ia berharap bila jadi dibongkar pemberitahuannya jangan dilakukan secara mendadak sehingga mereka bisa membongkar sendiri warung mereka agar bahan bagunannya bisa digunakan kembali.

Sementara pedagang lainnya, Heny (38) berharap bila warung mereka dibongkar nantinya Situ Ciburuy ditata lebih baik lagi dan Dinas Pariwisata menyediakan bangunan yang lebih baik agar mereka bisa berdagang kembali di Situ Ciburuy.

Sebab menurut Heny mereka hanya pedagang kecil, kalau tidak berjualan tidak bisa menafkahi keluarga.

Oma Somantri Kepala Desa Ciburuy ketika dihubungi RRI, Rabu (14/8/2019) membenarkan adanya rencana penertiban warung milik para pedagang di objek wisata Situ Ciburuy.

Pihaknya kata Oma, masih baru melakukan pendataan bersama dengan petugas dari Dinas Pariwisata, sedang pelaksanaannya belum dapat dipastikan.

“Kondisi Situ Ciburuy hari-hari bias seperti ini sepi, ramainya hari-hari besar dan hari Minggu,”ujarnya.

Biasanya kata Oma, di Situ Ciburuy sering ada even lomba memancing tetapi karena sekarang musim panas dan air surut, tidak ada lomba memancing.

Kepala Dinas Pariwisata dan ketil Kebudayaa (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat Sri Dustirawati, ketika dikonfirmasi RRI , Rabu(14/8/2019)
tentang rencana pembongkaran warung di Situ Ciburuy melalui telepon selularnya tidak bisa dihubungi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00