• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Masyarakat Kalteng Diminta Tanggulangi Karhutla

14 August
19:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Kalimantan Tengah dikepung kabut asap. Pemerintah Kabupaten/kota di Kalteng saat ini telah bersiaga untuk tetap memerangi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Bahkan, Satgas Karhutla saat ini juga telah berhasil menangkap pelaku pembakaran hutan dan lahan, di mana pencegahan melalui patroli heli water bombing juga telah dilakukan  juga mengerapkan masyarakat peduli anti asap atau Masyarakat peduli Api  namun memang hal yang paling utama keperdulian kita bersama selaku warga masyarakat di Kalimantan Tengah.

Kepala Kejaksaan Tinggi  Kalimantan Tengah, Adi Sutanto mengharapkan masyarakat tidak harus menunggu titrik apai namun mencari titik atau sumber api hal yang paling utama.

”Masyarakat jangan tunggu  titik api terlihat kalau perlu cari titik api guna pencegahan secara dini dilanjutkan dengan penanggulangan karhutla,” tegas Adi Sutanto, Rabu (14/8/2019).

Sementara itu, menurut Wakapolri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto   meski kebakaran hutan dan lahan bukan hal yang baru bagi Kalteng sejak 2015 yang merupakan karhutla yang paling parah, saat ini meski kabut asap masih saja mewarnai Kalimantan Tengah namun kondisi terkini sudah mulai membaik, di mana pihaknya juga telah menangani 38 perkara dimana  37 perkara perorangan  dan 1 korporat.

”Untuk itu, TNI Polri tidak saja melakukan penegakan hukum  menindaklanjuti  instruksi presiden RI untuk dapat segera menanggulangi karhutla," ujar Wakapolri.

Lain hal diungkapan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran. Ia menilai kebakaran hutan dan lahan ini telah terorganisir dan membuat tatanan pemerintahan dari tingkat kota hingga provinsi menjadi terancam dengan mengobankan masyarakat.

”Jangan karena membenci pemimpin daerah, masyarakat harus menjadi korban kebencian segelintir orang atau kelompok," ungkap Gubernur.

Ia mengajak masyarakat kalteng  untuk meningkatkan kewaspadaan dini dengan pencegahan maupun penanggulangan karhutla melalui antisipasi bersama, tidak saja pemerintah namun juga masyarakatnya dengan kesadaran diri untuk tidak sembarangan membakar membuka ladang atau dengan faktor kesengajaan, karena dampak karhutla dengan hadirnya kabut asap dapat mengancam keseimbangan alam juga kesehatan manusia hewan dan tumbuh tumbuhan yang juga turut serta menjadi korban dari dampak kebakaran hutan dan lahan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00