• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dalam 3 Bulan,Pemprov Kalteng Keluarkan Rp 3,9 M untuk Penanggulangan Karhutla

14 August
18:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Anggaran belanja tidak terduga APBD Provinsi Kalimantan Tengah yang digunakan untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kalteng dalam 3 bulan sebesar 3,9 milyar rupiah.

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah, Mofit Saptono, mengatakan dana tersebut di luar dana operasional helikopter water bombing. Sebab helikopter water bombing didanai Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 

"Kita sekarang sudah menggunakan belanja tidak terduga yang berasal dari APBD Provinsi untuk durasi 90 hari kemarin 3,9 (milyar rupiah)," ujarnya pada Rabu (14/8/2019).

Sementara itu, BMKG memprediksi musim kemarau di Kalteng masih akan berlangsung hingga Oktober. Awal musim hujan diperkirakan dimulai pada akhir Oktober.

Dijelaskan Mofit kendala pemadaman kebakaran lahan di lapangan terkait ketersediaan air. Menurut Plt. Kalaksa BPBPK Kalteng ini air ada namun dalam jumlah yang sedikit. Bahkan di titik kebakaran lahan tertentu, justru tidak ditemukan air.

Untuk memadamkan api di lokasi yang kesulitan mendapatkan air, lanjut Mofit, dibantu dengan pemadaman melalui udara helikopter water bombing. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00